Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 01 2022

    Kuliah di Jurusan Ini Bakal Dapat Gaji Miliaran, Mau?

    Hai Kawula Muda, selamat bergabung calon miliarder.

    Ilustrasi sekelompok mahasiswa. (FREEPIK)


    Memilih jurusan yang ideal untuk kuliah adalah harapan semua calon mahasiswa. Tidak hanya menyesuaikan dengan passion, jurusan yang ideal juga berarti memiliki prospek kerja dengan gaji tinggi.

    Dikutip dari CNBC Indonesia, ada 5 jurusan kuliah yang berpeluang mendapatkan gaji tinggi bahkan hingga miliaran rupiah.
    Informasi tersebut berdasarkan survei Bankrate pada 2 juta penduduk Amerika Serikat dan analisis atas U.S. Census Bureau's American Community Survey.

    Berikut daftar jurusan-jurusan yang memberi peluang lulusannya untuk bisa mendapat pekerjaan dengan gaji menggiurkan.

    1. Teknik Komputer (Rp 1,43 M)

    Secara umum, keilmuan pada Teknik Komputer berfokus pada pengembangan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), atau kombinasi dari keduanya melalui suatu sistem komunikasi (communication system).
    Mereka yang menekuni jurusan tersebut pengaplikasiannya lebih kepada peningkatan teknologi aplikasi, perangkat lunak dan manajemen sistem infrastruktur.

    Besaran peluang gaji jurusan teknik komputer per tahunnya sebesar Rp 1,43 miliar atau setara dengan 101.000 dolar Amerika.
    Beberapa universitas yang memiliki jurusan Teknik Komputer antara lain yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

    BELAJARilustrasi mahasiswa sedang belajar. (FREEPIK)

      

    2. Teknik Dirgantara (Rp 1,42 M)

    Umumnya, ada dua sektor peluang lapangan kerja bagi lulusan program studi S1 Teknik Dirgantara, yakni sektor industri kedirgantaraan dan sektor lembaga penerbangan. Selain dua sektor tersebut, beberapa lulusan Teknik Dirgantara juga dibutuhkan oleh bidang-bidang engineering lainnya seperti industri otomotif, industri konstruksi umum, oil company, teknologi informasi, dan konsultan teknik.

    Sebagai industri global, lulusan ini juga memiliki peluang di industri manufaktur pesawat dunia, seperti Embraer (Brasil), Boeing (Amerika Serikat), de Havilland (Kanada), hingga Airbus (Eropa). Selain itu juga di industri jasa penerbangan internasional seperti Cathay Pacific dan Air Asia.

    Besaran peluang gaji jurusan Teknik Dirgantara per tahunnya mencapai Rp 1,42 miliar atau setara dengan 100.000 dolar Amerika. Jurusan ini dapat dijumpai antara lain di ITB dan Politeknik Negeri Bandung.

    3. Arsitektur (Rp 1,28 M)

    Program studi Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Bidang arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

    Desain dan rancangan seorang arsitek memiliki karakteristik seperti kegunaan, kekokohan dan keindahan.

    Kisaran peluang gaji per tahun yang akan didapatkan oleh jurusan Arsitektur yaitu sebesar Rp 1,28 miliar atau setara dengan 90.000 dolar Amerika. 

    Jurusan Arsitektur bisa ditemui antara lain di ITB, Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (Undip).

    4. Ilmu dan Teknologi Transportasi (Rp 1,22 M)

    Jurusan Ilmu dan Teknologi Transportasi mempelajari tentang tata cara mengelola transportasi, baik itu transportasi darat, laut, maupun udara. 

    Besaran peluang gaji yang akan diterima per tahunnya bagi jurusan Ilmu dan Teknologi Transportasi yaitu Rp 1,22 miliar atau setara dengan 86.000 dolar Amerika.

    Salah satu kampus yang memiliki jurusan Ilmu Teknologi dan Transportasi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti.

    5. Jasa Konstruksi (Rp 1,13 M)

    Jurusan Jasa Konstruksi mempelajari ilmu yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan perbaikan bangunan. Di jurusan ini, akan dipelajari bagaimana proses pembuatan bangunan dengan memperhatikan fungsi, aspek struktural, keindahan, dan ekonomi.

    Biasanya, mereka yang memilih jurusan ini memiliki dasar yang kuat di bidang matematika, menggambar dan sejarah. Kisaran peluang gaji per tahun yang akan didapatkan oleh jurusan Jasa Konstruksi yaitu Rp 1,13 miliar atau setara dengan 80.000 dolar Amerika.

    Jurusan Jasa Konstruksi dapat dijumpai antara lain di ITS, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

    Editor Team

    COMMENT