Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 28 2022

    Lion Air Jadi Maskapai Penerbangan dengan Penumpang Terbanyak di Asia Tenggara

    Hai Kawula Muda, Lion Air jadi maskapai sejuta umat untuk kawasan Asia Tenggara.

    Maskapai Lion Air. (LIONAIR.CO.ID)


    Baru-baru ini maskapai Lion Air berhasil mendapat predikat sebagai maskapai dengan jumlah penumpang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

    Hal itu berdasarkan catatan dari Official Airline Guide (OAG), di mana per September 2022 terdapat 3,8 juta kursi penumpang pesawat di maskapai berlogo kepala singa tersebut.

    Lion Air sebagai maskapai yang berbasis di Indonesia saat ini melakukan 226 penerbangan setiap harinya ke 36 lokasi yang berbeda.

    Meski sempat beberapa kali tersandung perkara keterlambatan penerbangan, maskapai ini ternyata sukses menguasai pangsa pasar penumpang rute domestik.

    Bahkan di 2020 yang dibayangi pandemi Covid-19, Lion Air mampu mengangkut 12,52 juta penumpang, mengalahkan dua maskapai yang masih dalam satu grup mereka, juga maskapai pelat merah Garuda Indonesia dan Citilink.

    LION AIRLion Air jadi maskapai dengan jumlah penumpang terbanyak se-Asia Tenggara. (INSTAGRAM/SEA ASIA)

      

    Selain itu, OAG juga mencatat Vietnam Airlines sebagai maskapai berpenumpang terbesar kedua di Asia Tenggara dengan total 2,5 juta kursi. Kemudian disusul maskapai VietJet yang juga berasal dari Vietnam menempati urutan ketiga dengan total 2,3 juta kursi penumpang yang terisi.

    Selanjutnya ada maskapai asal Malaysia, AirAsia, yang meraih total 1,84 juta penumpang. Diikuti oleh Cebu Pacific Air dan Batik Air dengan masing-masing sebanyak 1,64 juta penumpang dan 1,53 juta penumpang.

    Menyusul Singapore Airlines dan Thai AirAsia dengan masing-masing 1,12 juta penumpang. Selanjutnya, sebanyak 1,10 juta penumpang berasal dari Philipine Airlines dan 1,01 juta penumpang berasal dari Citilink.

    Secara total terdapat 30,24 juta kursi penumpang pesawat di Asia Tenggara hingga September 2022. Rinciannya, sebanyak 21,81 juta kursi berasal dari penerbangan domestik dan 8,42 juta kursi berasal dari penerbangan internasional.

    Lion Air menjadi pilihan penumpang di kawasan Asia Tenggara karena maskapai penerbangan ini menawarkan harga tiket yang terjangkau dan sudah lama menyediakan jasa penerbangan di Indonesia. 

    Selain itu, maskapai ini juga merupakan salah satu maskapai penerbangan swasta terbesar yang Ada di Indonesia dan memiliki jumlah awak pesawat yang melebihi jumlah awak pesawat dari maskapai lainnya.

    Editor Team

    COMMENT