Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 14 2021

    Mitos dan Manfaat Tidur Tidak Pakai Bra, Wanita Wajib Tahu!

    Cewek-cewek wajib baca nih!

    Ilustrasi perempuan sedang tidur. (PEXELS)

    Banyak sekali mitos yang muncul terkait tidur tidak menggunakan bra (BH). Ada yang menganggap baik untuk kesehatan, namun ada juga yang menganggap dapat membuat payudara kendur. Namun ternyata, tidur tidak pakai bra memiliki banyak manfaat untuk kesehatan! 

    Berikut adalah penjelasan mitos yang beredar seputar tidur tanpa bra yang berkembang di masyarakat: 

    1. Dapat mencegah risiko kanker payudara 

    Mitos ini beredar lewat sebuah buku yang dipublikasikan pada 1995 silam berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer. 

    Buku tersebut menyatakan bahwa tidur menggunakan bra dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Semenjak itu, banyak perempuan yang memilih untuk tidur tanpa menggunakan bra. 

    Banyak yang percaya bahwa bra dapat memblokir cara kerja kelenjar getah bening saat tidur sehingga dapat menyebabkan timbulnya kanker payudara.

    TIDURFoto ilustrasi. (FREEPIK)

     

    Faktanya, menurut American Cancer Society, belum ada hasil studi akurat yang dapat membuktikan bahwa tekanan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh penggunaan bra dapat memicu kanker payudara. 

    Saat tidur, cairan tubuh akan bergerak naik dan masuk kelenjar getah bening yang berada di ketiak, bukan ke kelenjar payudara. 

    2. Tidur tanpa bra mencegah payudara kendur 

    Payudara kendur memang kondisi yang akan dialami oleh setiap perempuan karena faktor usia. Jaringan yang menopang payudara akan kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu. 

    Itu adalah mitos-mitos yang terkenal di kalangan wanita. Berikut adalah manfaat tidur tanpa gunakan bra untuk kesehatan: 

    1. Meningkatkan sirkulasi darah 

    Setiap bra dirancang untuk menekan pembuluh darah, terlebih bra yang memiliki kawat (underwire) dan bra untuk olahraga (push up bra). Tidur menggunakan bra membuatnya menempel pada kuli, sehingga membatasi gerak otot-otot dada. 

    Bila digunakan terus menerus dapat menghambat sirkulasi darah ke jaringan payudara dan saraf lengan serta area tubuh lainnya. 

    Tidur dengan melepas bra dapat membuat aliran darah pada tubuh menjadi lancar sehingga mencegah efek negatif seperti pusing dan kram.

    2. Meningkatkan kualitas tidur

    TIDURFoto ilustrasi. (FREEPIK)

     

    Banyak wanita yang merasa tidak nyaman apabila tidur menggunakan bra. Dengan melepas bra dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam hingga kualitas tidur dapat meningkat. 

    3. Membantu pernapasan lebih baik saat tidur 

    Saat berbaring, saluran udara bagian atas akan menyempit sehingga sulit bagi oksigen untuk mencapai ke paru-paru. 

    Menggunakan bra saat tidur akan membuat pergerakan otot dada jadi terbatas dan oksigen semakin sulit masuk ke paru-paru. Akibatnya, aliran oksigen dalam tubuh jadi berkurang. 

    4. Mengurangi keringat 

    Saat suhu ruangan naik di malam hari dapat membuat berkeringat. Bahkan, ada beberapa jenis bra yang dapat membuat kamu berkeringat secara berlebih. 

    Tidur tanpa menggunakan bra dapat menurunkan suhu tubuh sehingga tidak mudah berkeringat. 

    5. Mengurangi risiko infeksi kulit 

    Jika jarang melepas bra saat tidur, kulit akan menyerap udara, menciptakan lingkungan yang lembap sebagai tempat berkembang biak bakteri ataupun jamur. 

    Infeksi kuman dapat menyebabkan munculnya jamur kulit yang membuat iritasi sehingga muncul rasa gatal. 

    6. Mencegah risiko hiperpigmentasi kulit 

    Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana kulit mengalami perubahan warna secara tidak merata atau munculnya bintik berwarna gelap di kulit. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya pigmen melanin pada suatu area kulit tertentu. 

    Menggunakan bra yang ketat dapat menyebabkan terjadinya gesekan, iritasi, dan kerusakan pada area kulit di mana tali atau kawat bra bergesekan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. 

    Kondisi tersebut dapat merangsang melanosit untuk menghasilkan lebih banyak pigmen melanin di area kulit sehingga timbul hiperpigmentasi. 

    7. Membantu memperbaiki sistem limfatik 

    Bentuk bra yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan yang berlebih pada payudara. Jika terlalu seirng memakai bra jenis ini saat tidur, akan berisiko mengalami penyumbatan limfatik. 

    Penyumbatan limfatik terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di area ketiak. Kelenjar ini berfungsi melawan infeksi tubuh, zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker. 

    Ketika sistem limfatik dalam kondisi baik-baik saja maka memungkinkan pembuangan racun dari area payudara menjadi lancar

    8. Mengurangi risiko cedera 

    Bra memiliki beberapa jenis bahan seperti tali, kawat, karet, dan lainnya. Apabila tali, kawat, atau karet bra bergesekan dengan kulit saat tidur, maka akan menimbulkan gangguan. 

    Meski jarang terjadi, pergesekan atau pergerakan yang tiba-tiba dan tanpa disadari dapat menimbulkan cedera ringan pada bagian kulit payudara dan dada. Maka dari itu, manfaat tidur tidak menggunakan bra dapat meminimalkan risiko cedera ini.

    Editor Team

    COMMENT