Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 06 2022

    Pekerjaan Digital dengan Peminat Tinggi di Indonesia! (Bagian 1)

    Mana yang paling lo minati, Kawula Muda?

    Ilustrasi pekerja digital. (FREEPIK)


    Kawula Muda, seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia, kini semakin banyak pekerjaan yang mengandalkan teknologi digital.

    Laporan World Economic Forum (WFE) pun menunjukan akan semakin banyak pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi di masa mendatang. 

    Dikutip dari unggahan resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), berikut sepuluh pekerjaan berbasis digital yang tinggi peminatnya di Indonesia!

    Data Scientist

    Pekerjaan ini erat hubungannya dengan era big data di zaman modern ini. Seorang data scientist bertugas untuk menganalisis dan memproses data dalam jumlah besar dan kompleks. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengolah, hingga menganalisis data kemudian melihat apakah terdapat peluang bisnis baru dari data tersebut. 

    Data Analyst 

    Seorang data analyst memiliki tugas untuk menganalisis dan menghasilkan laporan dari sebuah data. Adapun mereka juga kerap bertugas untuk membuat visualisasi dari data tersebut sehingga lebih mudah dimengerti.

    Artificial Intelligence Specialist

    Seorang Artificial Intelligence (AI) specialist adalah seseorang yang ahli dalam pemrograman komputer. Masih bergerak di bidang big data dan machine learning, seorang AI Specialist dapat memiliki tugas yang berbeda sesuai kebutuhan perusahaan, mulai dari membangun sistem hingga mengecek suatu hipotesis. Karena itu, kesempatan bekerja di bidang ini sangatlah luas, Kawula Muda! 

    Digital Marketing and Strategy Specialist

    Kini, pemasaran dan promosi dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya dengan memanfaatkan big data dan digitalisasi teknologi. Hal itulah yang memprakarsai profesi seorang digital marketing and strategy specialist. Inti dari profesi ini adalah kemampuan untuk membangun brand awareness dan menjual produk seoptimal mungkin dengan chanel-chanel digital yang ada. 

    Renewable Energy Engineer

    Merupakan profesi multidisipliner, seseorang yang berprofesi sebagai Renewable Energy Engineer harus memiliki pemahaman akan ilmu teknik, teknologi, dan pengetahuan sosial. Hal itu dikarenakan profesi ini bertugas untuk mendesain dan mengoperasikan sistem yang mengutamakan proses pemanfaatan energi terbarukan. 

    Editor Team

    COMMENT