Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 17 2022

    Selain Indonesia, 17 Agustus juga Merupakan Hari Kemerdekaan Negara Gabon!

    Jadi Indonesia bukan satu-satunya yang merdeka di 17 Agustus ya, Kawula Muda

    Bendera Gabon (WIKIPEDIA)

    Salah satu negara di Afrika bagian tengah, Gabon, rupanya juga memperingati hari kemerdekaannya di 17 Agustus. Dengan begitu, Gabon memiliki hari ulang tahun yang sama dengan Indonesia. 

    Sebelumnya, Gabon diketahui merupakan salah satu dari 4 wilayah di Persekutuan Afrika Prancis Khatulistiwa. Selain Gabon, negara lain yang bergabung dengan persekutuan tersebut yakni Oubangui-Chari, Kongo Tengah, dan Chad. 

    GabonLetak negara Gabon (ENCYCLOPEDIA)

     

    Gabon pun mendeklarasikan kemerdekaannya lima belas tahun setelah Indonesia merdeka. Tepat pada 17 Agustus 1960, negara tersebut resmi berdaulat sebagai negara yang mandiri. Gabon pun menjadi satu-satunya negara yang memiliki hari kemerdekaan yang sama dengan Indonesia. 

    Republik Gabon merupakan sebuah negara di Afrika Barat. Nama Gabon dapat diartikan sebagai “jubah” dalam bahasa Portugis. Nama tersebut pun merujuk pada sungai yang terletak di negara tersebut yang berbentuk seperti jubah. 

    Gabon pun dibagi menjadi sembilan provinsi, yakni Estuaire, Haut-Ogooue, Moyen-Ooue, Ngounie, Nyanga, Ogooue-Ivindo, Ogooue-Lolo, Ogooue-Maritime, dan Woleu-Ntem.

    Negara tersebut juga dikenal sebagai salah satu negara kaya di Afrika. Hal itu dikarenakan luas wilayah yang setara dengan dua kali luas Provinsi Kalimantan Tengah dengan berbagai kelimpahan sumber daya alam. 

    Negara kaya tersebut dikenal karena sering mengekspor mangan, minyak bumi, gas alam, besi, kayu, serta bahan tambang lainnya. Perekonomian Gabon pun mengandalkan ekspor kayu dan minyak yang banyak ditemukan di lepas pantai.

    Selamat ulang tahun juga ya, Gabon dan Indonesia!

    Editor Team

    COMMENT