Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 21 2022

    Studi: Wanita Lebih Tertarik dengan Pria Bermasker Sejak Pandemi

    Kawula Muda, kalian setuju enggak kalau cowok jadi keliatan ganteng waktu pakai masker?

    Pria bermasker disebut lebih menarik sejak pandemi di mulai. (unsplash/anastasiiachepinska)

    Walaupun Covid-19 tidak berdampak positif kepada siapa pun, ada satu hal lucu yang bisa diambil dari kejadian ini. Peneliti di Universitas Cardiff, Inggris menyatakan bahwa baik pria maupun wanita dinilai terlihat lebih menarik saat memakai masker.

    Pria atau wanita yang dianggap menarik menurut penelitian ini adalah mereka yang mengenakan masker medis berwarna biru. Padahal, ahli wajah dari Fakultas Psikologi Universitas Cardiff mengatakan bahwa penelitian yang dilakukan sebelum pandemi membuktikan kalau orang yang memakai masker medis cenderung dianggap tidak menarik karena terlihat seperti orang yang sedang sakit.

    "Kami ingin menguji apakah penelitian ini telah berubah sejak penutup wajah (masker) dipakai semua orang dan memahami apakah jenis masker memiliki efek," tuturnya.

    "Studi kami menunjukkan wajah dianggap paling menarik saat ditutupi oleh masker wajah medis karena mereka mengasosiasikannya dengan orang-orang yang berprofesi perawatan atau medis," lanjutnya.


    Masker 2Diantara berbagai jenis masker, masker medis dianggap paling menarik saat dikenakan oleh pria. (unsplash/afifkusuma)

     

    Menurut penelitian yang diterbitkan melalui jurnal Cognitive Research: Principles and Implications, para peneliti mengukur bagaimana beragam jenis masker bisa mengubah daya tarik seorang pria bagi wanita.

    43 wanita diminta untuk memberi nilai daya tarik pria dalam skala 1 hingga 10. Ternyata, lebih banyak wanita yang setuju kalau pria terlihat lebih menarik saat mengenakan masker.

    Hal tersebut mungkin merupakan salah satu cara bagi pria untuk menutupi bagian wajah yang mereka tidak sukai dengan mengenakan masker. Mengenakan masker juga dapat membuat wajah pria menjadi lebih mengesankan bagi wanita di sekelilingnya.

    Saat ini, penggunaan masker tidak lagi dianggap sebagai sebuah indikasi penularan. Pria yang menggunakan masker dinilai bertanggung jawab kepada diri sendiri dan sekelilingnya.

    Karena penelitian ini fokus kepada pemakaian masker oleh pria, tim ilmiah Universitas Cardiff mengaku berencana untuk melakukan studi tambahan yang menentukan apakah wanita bermasker dianggap menarik oleh lawan jenis.

    Editor Team

    COMMENT