Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 22 2022

    Suka Tidur Pakai Earphone? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

    Hai Kawula Muda, jangan biasain tidur pakai earphone ya.

    Ilustrasi tidur pakai earphone. (WEARABLEINEAR.COM)

    Tidur sambil mendengarkan musik, memang asyik. Bahkan, ada orang yang tidak bisa tidur kalau tidak sambil mendengarkan musik.

    Tetapi, kalau mendengarkan musiknya pakai earphone atau headphone, sebaiknya jangan ya.

    Karena menurut beberapa penelitian, tidur sambil memakai earphone atau headphone akan menimbulkan gangguan pada kesehatan telinga. Apa sajakah gangguan yang bisa dialami?

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut gangguan kesehatan pada telinga jika kita tidur sambil mengenakan earphone.

    1. Fungsi pendengaran menurun hingga kerusakan permanen 

    Seorang dokter spesialis THT di RSUP Sanglah Denpasar, dr Eka Putra Setiawan, Sp THT-KL (K), mengatakan bahwa tertidur saat menggunakan earphone dapat membuat otot pada telinga menjadi lelah menahan bising yang berasal dari earphone.

    "Kalau kita tertidur, maka yang pertama itu refleks-refleks pertahanan untuk bising yang ditimbulkan oleh penggunaan earphone itu, itu ada otot kecil akan kelelahan menahan, sehingga dikhawatirkan langsung rumah siput (koklea) itu langsung kena," ujar dokter Eka.

    TIDUR HEADPHONESIlustrasi tidur pakai headphones. (SHUTEYE.AI)

      

    Dalam istilah medis terdapat gangguan pendengaran akibat suara bising atau noise-induced hearing loss (NIHL).

    Dilansir dari laman National Institute on Deafness and Other Communication Disorders, NIHL bisa langsung muncul atau butuh waktu lama untuk terlihat.

    Kalian pun bisa tidak sadar telah mengalami gangguan pendengaran. Padahal ini sudah bisa terasa saat kesulitan memahami apa yang orang katakan baik via telepon atau saat di lingkungan bising.

    Dan yang lebih fatal, bisa terjadi gangguan pendengaran yang sifatnya permanen karena telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga.

    2. Risiko infeksi telinga

    Infeksi telinga dapat terjadi karena adanya gesekan dari earphone dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, penggunaan earphone yang dilakukan dengan saling berbagi juga dapat menyebabkan penyebaran bakteri dari satu telinga ke telinga lain yang dapat memperparah infeksi telinga.

    Saluran telinga begitu halus dan memakai perangkat yang menyumbat saluran telinga akan merusaknya.

    Dilansir dari Make Use Of, earphone atau earbuds akan bergesekan dengan telinga bagian dalam, lalu terjadi penumpukan cairan sehingga membengkak dan timbul iritasi.

    Istilah medisnya adalah otitis eksterna. Gejalanya seperti gatal pada liang telinga, nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, dan gangguan pendengaran sementara.

    3. Tertutupnya sirkulasi udara dan kotoran telinga menumpuk

    Salah satu keunggulan produk earphone adalah menjaga kejernihan suara sehingga membuat aliran udara dari luar tidak ada yang masuk ke dalamnya.

    Kondisi ini ternyata dapat menutupi sirkulasi udara pada telinga yang dapat menyebabkan kotoran telinga menjadi menumpuk. Hal ini dapat menjadi sarang yang ideal bagi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi telinga.

    4. Insomnia hingga kerusakan otak

    Penggunaan earphone saat tidur tidak membuat otak kita benar-benar dalam keadaan istirahat. Suara yang masuk masih membuat otak mengolahnya, sehingga mengurangi istirahat otak.

    Para ahli merekomendasikan agar tempat tidur hanya digunakan untuk tidur dan bercinta. Kalau ada aktivitas non-tidur, tentu otak perlahan akan mengasosiasikan kasur dengan aktivitas tersebut. Akibatnya, tubuh terlatih untuk terjaga. Hal ini semakin buruk jika kalian memang sudah memiliki insomnia.

    Penggunaan earphone pada telinga saat mendengarkan musik memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik dan gelombang elektromagnetik ini lama-kelamaan dapat merusak sel-sel pada otak.

    Nah, itu tadi adalah dampak buruk dari mendengarkan musik menggunakan earphone saat tidur. Mulai sekarang biasakan untuk tidur tanpa earphone ya, Kawula Muda. Jangan sampai masih muda tapi pendengarannya sudah terganggu.

    Editor Team

    COMMENT