Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 30 2022

    Tidur Sebelum Jam 10 Malam, Segudang Manfaatnya!

    Hai Kawula Muda, biasakan tidur sebelum jam 10 malam ya…

    Ilustrasi perempuan sedang tidur. (PEXELS)


    Siapa yang masih suka begadang? Mulai sekarang dikurangi ya begadangnya, kalau perlu dihentikan sama sekali. Berdasarkan penelitian oleh Universitas Exeter pada 2006 hingga 2010 mengungkapkan bahwa tidur antara pukul 10-11 malam adalah waktu paling optimal dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada lebih dari 88 orang tersebut ditemukan hasil bahwa tidursetelah tengah malam bisa meningkatkan  kemungkinan terkena penyakit jantung sebesar 25 persen.

    Sementara itu, mereka yang tidur sebelum jam 10 malam memiliki risiko terkena penyakit jantung 12 persen lebih tinggi. Sebaliknya, responden yang paling sedikit mengalami masalah jantung mempunyai jadwal tidur antara pukul 10-11 malam.

    Nah, selain baik buat jantung, tidur pada jam 10 malam ternyata punya segudang manfaat lainnya. Apa sajakah? Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

    1. Tubuh menjadi lebih berenergi

    Menurut Matt Walker, pemimpin Sleep and Neuroimaging Lab University of California bahwa antara pukul 20.00 hingga 24.00 otak akan mendapatkan REM (Rapid Eye Movement) dan non REM yang dibutuhkan berfungsi secara optimal.

    Tidur REM adalah tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak mata. Sedangkan, non REM adalah tidur dengan pergerakan mata yang lambat. Jika kebutuhan tubuh REM terlewatkan maka kemungkinan tubuh akan merasa lelah keesokan harinya.

    2. Berat badan lebih terkontrol

    TIDURFoto ilustrasi. (FREEPIK)

     

    Terbukti bahwa orang-orang yang sering tidur larut malam memiliki bobot tubuh yang lebih tinggi. Sebab, tidur terlalu larut merangsang hormon ghrelin diproduksi oleh tubuh. Hormon ini adalah hormon yang membuat rasa lapar.

    Sedangkan disaat bersamaan metabolisme tubuh melambat sehingga makanan yang dikonsumsi akan tersimpan menjadi lemak.

    3. Menjaga kondisi kesehatan mental

    Orang yang terbiasa tidur larut malam sangat rentan terhadap masalah mental, seperti mudah cemas, stres, hingga depresi. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon kortisol yang meningkat.

    Hormon ini biasa dikenal juga sebagai hormon stres yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah ke otak sehingga otak bisa aktif bekerja.

    Hormon kortisol dalam kondisi normal akan meningkat di pagi hari dan menurun di malam hari. Dengan membiasakan tidur sebelum jam 10 malam maka alarm tubuh akan bekerja normal. Sehingga, hormon kortisol hanya akan diproduksi di waktu yang dibutuhkan. Dengan begitu, kondisi kesehatan mental akan terjaga.

    4. Meningkatkan kemampuan kognitif

    Tidur yang cukup akan membuat seseorang menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan fokus. Bahkan, ia cenderung produktif dan memiliki ide-ide yang inovatif dan kreatif. Tidur yang cukup akan membantu otak untuk berfungsi secara optimal.

    Nah, buat Kawula Muda yang mau memulai pola hidup sehat, coba deh diawali dengan tidur sebelum jam 10 malam.

    Editor Team

    COMMENT