Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 09 2022

    Sungai-Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Apakah Aare Termasuk?

    Hai Kawula Muda, jangan asal berenang ya.

    Ilustrasi orang bermain di sungai. (I.PINIMG)


    Sungai Aare masih menjadi perbincangan hangat setelah musibah yang menimpa anak dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada 26 Mei lalu.

    Sungai Aare disebut-sebut sebagai sungai yang tidak benar-benar aman. Meskipun selalu ramai dikunjungi turis, hampir selalu ada turis yang hanyut terbawa arus setiap tahunnya di sungai yang menjadi ikon kota Bern ini.

    Meskipun begitu, ternyata sungai Aare tidak termasuk sungai yang paling berbahaya di dunia. Lantas, sungai apa sajakah yang mendapat predikat paling berbahaya di dunia?

    Berikut daftar sungai paling berbahaya di dunia berdasarkan kedalaman dan beberapa faktor lainnya.

    1.  Sungai Kongo

    SUNGAI KONGOSungai Kongo, salah satu sungai paling berbahaya di dunia. (TWITTER/AFRICA.COM)

      

    Sungai Kongo merupakan sungai yang terdalam di dunia. Membentang sekitar 3000 mil di benua Afrika, sungai ini dijuluki Heart of Darkness. Kedalamannya diperkirakan mencapai 720 kaki atau 220 meter. Saking dalamnya, dasar sungai ini bahkan sulit untuk ditembus para penyelam. 

    Selain dalam, sungai Kongo juga memiliki banyak jebakan mematikan bagi mereka yang mencoba untuk mengarunginya. Mulai dari arus bawah yang sangat deras, jeram-jeram yang sulit ditaklukkan bahkan oleh atlet arung jeram profesional, dan ngarai, serta air terjun yang terjal.

    2. Sungai Mississippi

    SUNGAI MISSISSIPPISungai Mississippi, salah satu sungai paling berbahaya di dunia. (PCA.STATE)

     

    Sungai Mississippi merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika Serikat dengan total panjang hingga 3.734 km yang berujung di teluk Meksiko.

    Potensi bahaya di sungai ini terdapat pada arus bawahnya yang mengejutkan dan tidak dapat diprediksi, sehingga mampu menyeret perenang. Bahkan, pada waktu tertentu sungai ini akan mengalirkan air dengan kecepatan tinggi hingga membuat perahu hilang kendali.

    Selain itu, sungai ini juga menjadi habitat bagi hewan-hewan predator seperti alligator Amerika, hiu banteng, dan ikan pike.

    3. Sungai Nil

    SUNGAI NILSungai Nil, salah satu sungai paling berbahaya di dunia. (SEE.NEWS)

      

    Sungai Nil yang menjadi sungai terpanjang di dunia. Sungai ini mengalir melewati 11 negara yakni Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir.

    Meskipun penting bagi peradaban di seluruh Afrika, sungai Nil juga menghadirkan banyak ancaman karena merupakan rumah bagi banyak hewan predator termasuk buaya yang bisa bergerak 48 km per jam dan telah membunuh sekitar 200 orang setiap tahunnya. Selain itu ada kuda nil, ular berbisa, serta nyamuk yang mematikan.

    4. Sungai Amazon

    SUNGAI AMAZONSungai Amazon, salah satu sungai paling berbahaya di dunia. (AQUAEXPEDITION)

      

    Sungai Amazon menjadi sungai yang paling berbahaya di dunia dan juga terlarang untuk dijadikan spot berenang karena dihuni oleh binatang-binatang buas seperti hiu banteng, ular anaconda, dan buaya caiman hitam.

    Amazon juga menjadi rumah bagi ikan predator yang paling menakutkan di dunia yaitu ikan piranha.

    Tidak hanya itu, Amazon juga menjadi habitat bagi hewan-hewan mematikan seperti ular beludak, belut listrik, hingga laba-laba Brasil yang bisa membunuh manusia dalam waktu 25 menit.

    5. Sungai Wharfe

    SUNGAI WHARFESungai Wharfe, salah satu sungai paling berbahaya di dunia. (YORKSHIREPOST)

      

    Berlokasi di Yorkshire, Inggris, sungai ini mempunyai reputasi membunuh siapapun yang jatuh ke dalamnya. Bagian paling mematikan dari sungai ini terletak di antara Barden Tower dan Bolton Abbey. Bagian tersebut merupakan celah sempit yang hanya berukuran lebar 1,8 meter dan mengalir arus dengan kecepatan luar biasa.

    Tidak sampai di situ, celah sempit itu juga memiliki tepian gerowong yang mengarah ke serangkaian terowongan tersembunyi yang bisa menyedot orang untuk kemudian hilang tak pernah terlihat lagi.

    Editor Team

    COMMENT