Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 22 2021

    Tak Ada Alasan untuk Tidak Olahraga, Berikut 4 Jenis Olahraga Sederhana untuk Cegah Covid-19

    Kawula Muda, siapa yang masih suka nunda-nunda olahraga?

    Ilustrasi olahraga sederhana. (PIXABAY)

    Kawula Muda, meningkatkan sistem imunitas tubuh tentunya menjadi perhatian setiap orang, terlebih lagi ketika pandemi Covid-19 muncul ke permukaan.

    Banyak orang berbondong-bondong pergi ke pusat kebugaran atau mencari channel YouTube olahraga berat untuk mendapatkan kekebalan tubuh maksimal. Namun, tahukah kamu bahwa olahraga sederhana pun mampu membentuk antibodi yang cukup untuk melawan virus dan bakteri?

    Melansir KOMPAS.com, setidaknya ada 4 jenis olahraga sederhana yang mudah kamu lakukan di mana pun dan kapan pun. Simak terus, ya, Kawula Muda!

    1. Olahraga yang meningkatkan intensitas latihan

    Berjalan atau berlari menjadi dua pilihan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan olahraga tersebut, kamu pun bisa meningkatkan intensitas latihan, misalnya dengan menargetkan berlari dengan kecepatan dan jarak tertentu yang progresif.

    Semakin sering berjalan atau berlari, tentunya tubuh akan mulai terbiasa dan terasa lebih "enteng". Pun olahraga dengan intensitas yang tinggi tidak akan menurunkan kekebalan tubuh.

    Sebuah penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Immunology menyebut bahwa ada batas waktu olahraga yang baik untuk mengurangi risiko infeksi oportunistik, yaitu tidak melebihi 75 menit.

    "Ketika kita melakukannya selama itu dengan intensitas tinggi, hormon stres meningkat, dan sistem kekebalan tidak merespons dengan baik," kata seorang profesor kesehatan masyarakat di Appalachian State University, David Nieman.

    2. Angkat beban

    Ilustrasi mengangkat dumbbellIlustrasi mengangkat dumbbell. (UNSPLASH)

     

    Menjaga massa otot dipercaya dapat meningkatkan sel darah putih serta menjaga kekebalan tubuh. Untuk itu, angkat beban menjadi salah satu olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan selanjutnya.

    Seorang dosen senior di Deakin University Institute for Physical Activity and Nutrition, Dr Craig Wright, mengatakan, "Jika kita memiliki massa otot yang sehat sepanjang masa hidup, maka kita memiliki cadangan asam amino yang membantu sistem kekebalan tubuh merespons infeksi dan penyakit dengan cepat."

    Ia juga menjelaskan bahwa seiring bertambahnya usia, orang yang memiliki massa otot lebih banyak diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan baik sehingga tidak mudah sakit. 

    3. Jalan cepat 30 menit

    Tidak ada yang mengira, bukan, bahwa jalan cepat selama tiga puluh menit bisa meningkatkan sel pembunuh alami serta berbagai jenis sel darah putih? Hal itu dikemukakan oleh sebuah studi dalam Medicine & Science in Sports & Exercise.

    Namun, penting untuk diingat bahwa jumlah sel yang meningkat itu sifatnya hanya sementara dan tidak instan. Maka dari itu, kamu perlu melakukan olahraga sederhana ini secara konsisten untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Sementara itu, penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Sports Medicine juga mengatakan bahwa mereka yang rutin berjalan dengan kecepatan sedang mengalami lebih sedikit infeksi saluran pernapasan atas.

    Pun gejala yang dirasakan jika mereka sedang flu, akan lebih ringan dengan mereka yang lebih banyak duduk.

    4. Berolahraga di bawah sinar matahari

    Ilustrasi berolahraga di bawah sinar matahariIlustrasi berolahraga di bawah sinar matahari. (PEXELS)

     

    Bisa dibilang olahraga sederhana ini merupakan "paket komplit" untuk kam, Kawula Muda, karena selain mengurangi hormon stres, kamu pun bisa mendapatkan vitamin D ekstra dari sinar matahari.

    MedRxiv menyimpulkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D memiliki risiko yang lebih besar untuk mendapat gejala Covid-19 parah jika terjadi infeksi.

    Tunggu apalagi, Kawula Muda? Yuk, biasakan untuk berolahraga sederhana dengan rutin!


    Editor Team

    COMMENT