Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 28 2022

    Ternyata 5 Buah Ini Sebaiknya Tidak Dijadikan Jus, Kok Bisa?

    Hai Kawula Muda, suka minum jus?

    Ilustrasi jus buah. (FREEPIK)


    Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh, terutama untuk mencegah penyakit.

    Selain dengan cara dimakan langsung, buah juga banyak dinikmati dengan cara dijus. Namun ternyata, tidak semua buah baik untuk dibuat jus karena akan merusak nutrisi di dalam buah tersebut.

    Buah-buahan apa sajakah yang sebaiknya tidak dibuat jus? Berikut laporan lengkapnya dilansir dari Good Nature.

    1. Pisang

    Buah pisang mengandung nutrisi penting seperti potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan serat. Pisang termasuk ke dalam jenis buah dengan rasa manis dan mengenyangkan, sehingga cocok disajikan untuk sarapan atau camilan sehat.

    Tidak seperti buah lainnya yang dapat diolah, pisang tidak dapat dibuat jus karena tidak cukup memiliki cairan di dalamnya. Karenanya, buah pisang lebih disarankan untuk dimakan langsung tanpa diolah lagi.

    2. Alpukat

    BUAHBuah alpukat. (FREEPIK)

     

    Memiliki kandungan gizi yang tinggi, alpukat mengandung vitamin C, folat, dan kalium. Mengonsumsi alpukat dapat memberi rasa kenyang pada tubuh. Sehingga, kerap disajikan bersama salad sebagai pelengkap yang memberikan rasa pada makanan.

    Alpukat juga tidak mengandung banyak air, sehingga lebih cocok untuk diblender atau cukup dihancurkan dengan sendok.

    Karena tekstur buah alpukat sangat mudah dihaluskan, nutrisi alpukat tidak bisa didapat secara utuh jika diolah menggunakan juicer.

    3. Mangga

    MANGGABuah Mangga. (FREEPIK)

      

    Buah mangga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, penglihatan, dan menurunkan risiko kanker.

    Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata mangga tak bisa diolah sembarangan, lho. Memiliki tekstur lembut dan mudah hancur, untuk mengolahnya sebaiknya dalam keadaan beku.

    4. Cherry

    BUAH CHERYBuah Chery. (FREEPIK)

      

    Seperti buah berries kebanyakan, cherry merupakan buah yang kaya serat, protein, vitamin A dan C. Tak hanya itu, buah cherry mengandung antioksidan yang dapat melindungi jantung dan penyakit lainnya.

    Buah cherry pada umumnya tidak dijadikan jus karena teksturnya yang lembek dan kecil, sehingga cherry lebih sering dijadikan pelengkap atau hiasan makanan.

    5. Blueberry

    BLUEBERRYBuah blueberry. (FREEPIK)

     

    Blueberry termasuk ke dalam buah rendah kalori yang kaya akan nutrisi penting seperti serat, melancarkan pencernaan, vitamin, antioksidan, dan mineral.

    Karena ukurannya yang kecil, untuk mendapatkan manfaat dari Blueberry perlu dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sehingga, tak jarang orang yang mengonsumsi blueberry sebagai smoothie dibanding jus. Karena tak perlu menggunakan terlalu banyak blueberry.

    Editor Team

    COMMENT