Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 01 2022

    TikTok Luncurkan TikTok Music, Bakal Jadi Saingan Spotify dan Apple Music?

    Hai Kawula Muda, siap sambut TikTok Music.

    Ilustrasi TikTok. (COLEHOUSE COMMUNICATIONS)


    Spotify, Apple Music, dan aplikasi streaming musik lainnya yang sudah eksis saat ini nampaknya akan segera mendapatkan saingan baru dari TikTok.

    Hal tersebut dikabarkan langsung oleh Bytedance, perusahaan induk platform TikTok, yang mengatakan kalau perusahaan tengah mengajukan layanan mereka ke Amerika Serikat.

    Aplikasi baru tersebut akan bernama TikTok Music. Menurut ByteDance, TikTok Music ini bakal bisa diakses dari perangkat mobile dan PC.

    TikTok Music diperkirakan akan diluncurkan dalam bentuk aplikasi berbasis mobile dan web, serta memungkinkan pengguna membeli, memutar, berbagi, hingga mengunduh musik yang diinginkan. TikTok Music juga memungkinkan pengguna melakukan live streaming audio sekaligus video.

    Konon, pengguna mampu mengedit dan mengunggah foto sampul dari playlist musik yang diunggah, hingga memberi komentar dari musik/lagu/album yang telah diunggah.

    TikTokIlustrasi TikTok. (COLEHOUSE COMMUNICATIONS)

     

    TikTok Music juga diprediksi bakal memberikan layanan gratis lewat tier yang menawarkan iklan, seperti yang ditemukan pada Spotify.

    Meskipun belum jelas kapan TikTok Music akan diluncurkan, akan tetapi keberadaan Apple Music dan Spotify diprediksi bisa tergeser oleh aplikasi TikTok Music. Dikarenakan, TikTok merupakan satu-satunya aplikasi di luar Meta yang mampu melewati 3 miliar unduhan secara global.

    Ditambah lagi, selama ini lagu-lagu yang viral di TikTok secara tidak langsung akan “naik daun” dan masuk daftar Spotify Viral 50, album musik pilihan versi Apple Music, hingga Billboard 100.

    Meski demikian, informasi tersebut bisa saja berubah atau dibatalkan oleh pihak perusahaan. Hal itu dikarenakan parlemen Amerika Serikat dan Inggris baru-baru ini sempat meragukan keamanan dan privasi data penggunanya yang menggunakan TikTok.

    Apabila kekhawatiran ini terus terjadi, TikTok Music bisa jadi hanya akan diluncurkan terbatas di beberapa negara tertentu.

    Editor Team

    COMMENT