Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 03 2022

    Tradisi Lebaran dari Berbagai Belahan Dunia

    Beberapa negara memiliki tradisi sendiri dalam merayakan Idul Fitri

    Ilustrasi ketupat sebagai salah satu hiasan favorit saat Lebaran (UNSPLASH/Mudfid Majnun)

    Setelah sebulan penuh menunaikan ibadah puasa, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan momen lebaran.

    Momen lebaran ini dirayakan dengan penuh suka cita, oleh karenanya di setiap negara memiliki tradisi tersendiri untuk merayakannya.

    Seperti di Indonesia, momen lebaran biasanya diwarnai dengan berbagai macam tradisi, seperti mudik, ketupat, baju baru hingga tradisi berbagai THR. Tidak hanya di Indonesia saja, tradisi Lebaran juga dirayakan di berbagai negara dengan cara yang berbeda. 

    Berikut tradisi lebaran di berbagai negara yang sudah Prambors rangkum:

    1.Seker Bayrami - Turki

    Ilustasi Festival Gula atau Seker BayramIlustasi Festival Gula atau Seker Bayram merupakan tradisi khas masyarakat Turki. (Shutterstock)

     

    Seker Bayrami atau dikenal dengan Festival Permen adalah sebuah tradisi menyambut Idul Fitri yang ada di Turki. Dalam Seker Bayrami masyarakat Turki biasa mengisinya dengan membersihkan rumah, berbelanja permen coklat hingga menyiapkan kue tradisional seperti baklava.

    2. Meethi Eid - India

    Ilustrasi Lebaran di IndiaLebaran di New Delhi, India Foto: Shutter Stock

     

    Meski bukan agama dengan mayoritas penganut terbanyak di India, umat muslim di India begitu antusias setiap kali merayakan Meethi Eid atau Idul Fitri. Meethi Eid sendiri begitu meriah dirayakan, dengan dihidangkan berbagai macam makanan tradisional seperti seviyan, phirni, shahi tukda, dan falooda. Uniknya Selama perayaan Meethi Eid, para wanita akan menghias tangan dengan henna atau mehndi.

    3. Ouzi - Arab

    OuziOuzi (Shutterstock)

     

    Ouzi merupakan hidangan masakan asal Uni Emirat Arab. Makanan tersebut biasa dihidangkan saat lebaran. Selain Ouzi, terdapat hidangan makanan lain seperti bubur daging kelinci dan ikan berbumbu yang dicampur dengan nasi gandum panjang atau disebut machboos. Masyarakat UEA juga memiliki tradisi lain saat lebaran yaitu mengenakan baju khusus yang disebut kandoora untuk laki-laki, sedangkan para wanita dan anak-anak mengoleskan henna di tangan.

    4. Eidiyah - 

    Ilustrasi uangIlustrasi uang dan korupsi (UNSPLASH/Markus Spiske)

     

    Seperti yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap lebaran, bagi-bagi THR juga ternyata dilakukan juga oleh masyarakat Uni Emirates Arab (UEA), mereka menyebutnya Eidiyah. Selain itu, masyarakat di Timur Tengah juga terbiasa membuat kue tradisional saat lebaran yaitu Kue Maamoul. Maamoul merupakan kue dengan isian kurma atau kenari dengan kacang-kacangan dan lapisan luarnya ditaburi gula halus.

    Editor Team

    COMMENT