Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 30 2022

    Trend Baru, Healing jadi Kata Populer di Google Search Indonesia

    Kawula Muda udah healing tahun ini?

    Ilustrasi kata healing (Shutterstock)


    Belakangan kata healing memiliki pergeseran makna. Semula kata healing memiliki arti penyembuhan, sekarang orang-orang banyak memaknai kata healing untuk melakukan perjalanan pariwisata atau traveling.

    Imbasnya, pada tahun 2022 ini mesin pencarian Google mengalami kenaikan drastis pada pencarian topik travel di Google Search yang mengandung kata healing.

    Bahkan hasil tersebut naik hingga 500 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

    "Orang Indonesia menyebut traveling itu healing, kata travel-nya bahkan enggak disebut. Jadi banyak ngomongnya bukan 'Aku traveling ke Bali, tapi aku lagi healing ke Bali', atau healing trip ke mana," ujar Travel Industry Analyst Google Indonesia, Vania Anindiar, dalam Press Briefing Google World Tourism Day virtual, Senin (26/9/2022).

    Menurut Vania, kata healing saat ini seakan menggantikan kata traveling untuk arti yang baru.

    "Jadi healing kayak menggantikan kata traveling. Dalam pembicaraan baik virtual ataupun verbal," imbuhnya.

    Perubahan makna kata ini disinyalir merupakan dampak dari Covid-19. setelah pandemi Covid-19, kata healing seolah terasa menjadi lebih penting dibandingkan hanya berjalan-jalan seperti pada umumnya.

    Ilustrasi liburanIlustrasi liburan. (PIXABAY)

    “Makna bepergian kini jadi lebih dalam, tak lagi sekadar menjadi aktivitas untuk melihat tempat-tempat baru atau main. Ini adalah bentuk perawatan diri, momen refleksi, meditasi, dan memperbaiki kesehatan jiwa," tutur Vania.

    Kata healing yang mengalami kenaikan hingga 500 persen tahun ini, sebenarnya menunjukkan bahwa kata ini sudah sering dipakai sejak sebelum-sebelumnya.

    Kendati demikian, data dari Google menunjukkan kalimat pencarian kata healing pada 2021 ternyata memiliki perbedaan yang signifikan dengan pencarian kata yang sama pada 2022.

    "Pas 2021, orang nyari kata healing itu ya healing yang umum, self healing, trauma healing, healing artinya. Tapi di 2022, kata healing banyak dikaitkan dengan perjalanan," terangnya. 

    Editor Team

    COMMENT