Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 27 2022

    Hanya ada Jungkook, Ternyata Ini Alasan Musisi Dunia Tolak Manggung di Piala Dunia 2022

    Alasan para musisi menambah daftar panjang fakta Piala Dunia 2022

    Upacara Pembukaan Piala Dunia 2022 (Marca)


    Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 berlangsung meriah pada Minggu (20/11/2022). Namun, masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengapa banyak penampil yang memilih untuk tidak berpartisipasi dalam gelaran pesta sepak bola paling ditunggu tersebut?

    Kawula Muda, sebelum opening ceremony Piala Dunia 2022 berlangsung, banyak rumor yang beredar terkait para penampil yang akan memeriahkan upacara pembukaan tersebut. Mulai dari line-up yang keren-keren, hingga banyaknya penampil yang menolak untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia.

    Sejak awal, Piala Dunia 2022 yang dilaksanakan di Qatar memang cukup kontroversial, Kawula Muda. Hal tersebut mengingat bahwa Piala Dunia tahun ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Timur Tengah. Terlebih, Qatar merupakan negara yang masih menganut adat istiadat yang kuat dan cukup konservatif.

    Akibat hal tersebut, banyak pihak yang kurang setuju dengan peraturan yang dibuat Qatar selama Piala Dunia berlangsung. Ditambah lagi dengan kabar pelanggaran HAM yang dilakukan Qatar terhadap para pekerja dan LGBTQ+. Rupanya, pihak-pihak tersebut salah satunya adalah para penampil di upacara pembuka, loh.

    Sejak awal, nama-nama seperti Black Eyed Peas, J Balvin, Dua Lipa, Jungkook BTS, Shakira, hingga Nora Fatehi diisukan akan memeriahkan opening ceremony Piala Dunia 2022. Hingga upacara pembukaan berlangsung, hanya Jungkook BTS yang tampil dalam pesta pembukaan yang diselenggarakan di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar berkolaborasi dengan Fahad Al-Kubasi.

    Masalah HAM dan LGBTQ+ Bagi Dua Lipa

    Dua Lipa sendiri menjadi salah satu penampil yang menolak secara tegas bahwa dirinya akan tampil di gelaran Piala Dunia 2022. Dua Lipa sendiri mengonfirmasi hal tersebut melalui Instagram pribadinya.

    “Banyak spekulasi mengenai kemungkinan saya akan tampil di Opening Ceremony Piala Dunia di Qatar. Saya tegaskan tidak akan tampil di Qatar atau bahkan terlibat dalam negosiasi apa pun,” tulis Dua Lipa.

    Penolakan secara tegas tersebut rupanya diakibatkan oleh masalah HAM yang menyoroti Qatar selama persiapan Piala Dunia 2022 kemarin, Kawula Muda. Diketahui, Qatar dianggap lebih mementingkan keuntungan dibandingkan HAM.

    Qatar dikabarkan mengeksploitasi para pekerja imigran dalam pembangunan stadion maupun persiapan Piala Dunia. Para pekerja yang membangun stadion Piala Dunia Qatar diduga mengalami diskriminasi, jam kerja yang panjang, kondisi kerja yang tidak menguntungkan, pencurian upah, dan pelanggaran lainnya karena Qatar menghindari tanggung jawab, tulis laporan setebal 75 halaman yang diterbitkan minggu ini oleh hak yang berbasis di London mengutip Marca.

    Namun, pemerintahan Qatar menepis rumor tersebut walau dikabarkan banyak pekerja yang meninggal dunia. Tuduhan tersebut juga sudah sampai Amnesty Internasional dan Human Rights Watch, loh.

    dua lipaDua Lipa Menolak untuk Tampil di Piala Dunia 2022 dengan Alasan HAM dan LGBTQ+ (Billboard)

    Dikarenakan sampai sekarang tuduhan tersebut dianggap masih menggantung dan belum selesai, segelintir kalangan memilih tak percaya dengan penyangkalan pemerintah Qatar, termasuk Dua Lipa.

    "Saya akan menyemangati Inggris dari jauh dan saya berharap untuk mengunjungi Qatar ketika telah memenuhi semua janji hak asasi manusia yang dibuat ketika memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia,” tambah Dua Lipa.

    Dua Lipa bahkan mengatakan bahwa dirinya tidak akan berkunjung ke Qatar sampai semua pelanggaran hak asasi manusia yang dijanjikan selesai.

    Tidak hanya itu, alasan Dua Lipa menolak tampil juga ada hubungannya dengan kontroversi terkait LGBT. Kepala Keamanan Piala Dunia 2022, Abdullah Al Nasari mengatakan bahwa jika ingin mengekspresikan pandangan terkait LGBT, lakukanlah di masyarakat yang menerimanya. Tidak perlu datang ke Qatar dan menghina masyarakat Qatar yang menganggap ilegal hubungan sesama jenis.

    Ditawari Ratusan Juta Dollar US, Rod Stewart juga Tidak Tampil

    rod StewartPenyanyi Senior, Rod Stewart Juga Menolak Tawaran Untuk Tampil di Piala Dunia 2022 (Ultimate Classic Rock)


    Penyanyi senior Rod Stewart juga mengungkapkan rasa enggannya karena tidak setuju dengan nilai yang dianut Qatar. Rod menolak untuk hadir dalam Piala Dunia 2022, Kawula Muda. Rod bahkan mengatakan bahwa dirinya telah ditawari sejumlah uang untuk tampil, loh.

    Melansir Variety, pelantun "I Don't Want to Talk About It" mengatakan kepada The Times bahwa ia ditawari banyak uang, lebih dari 1 juta dollar US atau setara lebih dari Rp 15 miliar untuk bermain di sana sekitar 15 bulan lalu. 

    Rod memilih untuk menolaknya dengan alasan gejolak politik negara dan merasa tidak benar untuk pergi. Rod juga menambahkan bahwa tim nasional Iran harus dikeluarkan karena memasok senjata.

    Shakira Menolak Tampil dengan Alasan Pribadi

    via GIPHY

    Mengutip Marca, salah satu penyanyi fenomenal soundtrack Piala Dunia “Waka-Waka (This Time for Africa)”, Shakira juga menolak tampil di upacara pembukaan Piala Dunia 2022. 

    Penyanyi asal Kolombia tersebut rupanya memiliki masalah pribadi sendiri untuk menangani kehadirannya di Piala Dunia Qatar karena dikritik di media sosial. Menurut program TV El programa de Ana Rosa, Shakira tidak akan tampil di upacara tersebut karena berubah pikiran beberapa hari sebelum dimulainya Piala Dunia.

    Lebih lanjut, Adriana Dorronsoro dalam program tersebut mengatakan, “Telah dikonfirmasi kepada saya bahwa Shakira tidak akan tampil pada upacara pembukaan, tetapi mereka tidak akan mengatakan apakah dia akan mendapat peran lain sepanjang Piala Dunia."

    Tidak hanya itu Kawula Muda, salah satu kontributor stasiun televisi Spanyol Telecinco, Sandra Aladro, mengatakan bahwa dirinya telah berbicara dengan rombongan para artis yang akan tampil dalam Piala Dunia 2022, salah satunya Shakira. 

    "Mereka telah mengkonfirmasi bahwa dia tidak akan tampil,” ucap Sandra.

    Akan Ada “Fan Festival”

    Pembukaan Fan Stage piala Dunia 2022Pembukaan Fan Stage Piala Dunia 2022 Berlangsung Meriah, Dihadiri 40.000 Orang (FIFA)

    Tidak cukup sampai upacara pembukaan yang meriah, tahun ini Piala Dunia akan menyelenggarakan Fan Festival. Melansir Instagram dan laman resmi FIFA World Cup, terdapat beberapa artis papan atas internasional yang akan memeriahkan Fan Festival tersebut dalam Live Stage.

    Selasa (22/11/2022) misalnya, Diplo tampil dalam peluncuran Fan Festival di Al Bidda Park.

    Melansir laman resmi FIFA, “Saya sangat beruntung bepergian ke seluruh dunia dan mengalami budaya yang berbeda melalui musik. Di mana pun saya berada, Jamaika, Spanyol, Inggris, Cina, Afrika Selatan, dll., sepak bola adalah konstanta sosial. Melihat begitu banyak penggemar dari seluruh dunia di satu tempat – Festival Penggemar FIFA sungguh luar biasa. Sangat menantikannya!” Ucap Diplo.

    Lebih dari 40.000 penggemar menghadiri pembukaan tersebut kemarin, Kawula Muda. Dimeriahkan oleh set DJ, pertunjukan kembang api serta penampilan keren dari lagu official FIFA Fan Festival "Tukoh Taka" oleh Maluma.

    FIFA Fan Festival akan dibuka sepanjang turnamen yang akan menampilkan setiap pertandingan Piala Dunia FIFA langsung di layar raksasa. 

    Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan, “Tempat ini akan menjadi jantung dari Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Kami bangga Anda ada di sini. Dunia bersatu di Doha untuk Piala Dunia ini dan ini berkat Anda. Di sinilah Anda akan merayakan setiap malam antara sekarang sampai tanggal 18 Desember.”

    Diketahui, Kizz Daniel akan tampil pada 23 November, Nora Fatehi 29 November, Trinidad Cordona 1 Desember, dan Calvin Harris pada 10 Desember.

    Diharapkan, Fan Festival ini dapat menambah kemeriahan Piala Dunia 2022.

    Editor Team

    COMMENT