Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 22 2022

    Matematika Oxford Prediksi Brasil jadi Juara Piala Dunia 2022

    Kawula Muda, bagaimana menurut lo prediksi dari oxford ini?

    Universitas Oxford membuat Prediksi Pemenang Piala Dunia 2022 (Unsplash)


    Kemeriahan Piala Dunia 2022 membuat banyak pihak tidak ingin ketinggalan euforia. Kemunculan berbagai prediksi kemenangan Piala Dunia 2022 tahun ini pun terus bergulir. Berbagai nama muncul sebagai prediksi juara tahun ini.

    Menariknya, prediksi pemenang Piala Dunia tahun ini ikut diramaikan dengan berbagai pihak. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Tidak ingin ketinggalan dengan pesta bola paling dinanti, jurusan Matematika universitas bergengsi, Universitas Oxford, membuat sebuah pemodelan untuk memprediksi siapa yang akan menjadi juara Piala Dunia 2022. 

    Dalam prediksinya, Universitas Oxford memprediksi bahwa Brasil akan memenangkan trofi untuk rekor keenam kalinya. Bagaimana pemodelan matematika yang dibuat sehingga dapat mengeluarkan Brasil sebagai pemenang Piala Dunia 2022? Simak secara lengkap di bawah ini ya, Kawula Muda.

    Bukan Prediksi Pertama Oxford

    Dalam bidang analisis dan prediksi, ini bukan kali pertama Universitas Oxford membuat permodelan yang serupa, Kawula Muda. 

    Faktanya, Joshua Bull, sang Ahli Matematika Oxford yang membuat prediksi terkait Piala Dunia 2022 sebelumnya diketahui sudah menjadi pemenang dalam ajang Fantasy Football 2020. 

    Melalui hasil analisanya, pria yang akrab disapa Josh ini memenangkan Fantasy Football yang dimainkan lebih dari delapan juta peserta!

    Joshua sendiri merupakan mahasiswa postdoctoral Institut Matematika Oxford, tidak hanya memprediksi siapa pemenang Piala Dunia 2022, Josh juga memprediksi beberapa pemenang dalam pertandingan, loh.

    Bahkan, Josh sendiri menunjukkan bahwa pemodelan matematika digunakan di banyak bidang dan tempat kerja, termasuk sepak bola.

    Bagaimana Matematika Oxford Menggunakan Model Matematika untuk Membuat Prediksi?

    Prediksi Kemungkinan Pemenang Piala Dunia 2022 oleh Joshua BullPrediksi Kemungkinan Pemenang Piala Dunia 2022 oleh Joshua Bull (Instagram/oxford.mathematics)

     

    Dalam membuat pemodelan, Josh akan memulai dengan mengolah data. Data yang digunakan adalah dengan menstimulasikan fase grup hingga satu juta kali dan mengambil hasil paling umum.

    Josh diketahui memakai model matematika dengan cara menganalisis data peringkat setiap negara, Kawula Muda.

    Melansir unggahan resmi Instagram @oxford.mathematics, setelah data dikumpulkan, Josh akan mengolah data tersebut dengan menstimulasikan algoritmanya lagi untuk fase gugur hingga 100.000 kali. 

    Setelah itu, pada fase ini keterampilan pemodelan Josh digunakan. Model matematika tersebut Josh ciptakan dengan cara menganalisis peringkat Elo masing-masing tim yang berasal dari data laga internasional sejam 2018. Diketahui, Elo merupakan pemeringkatan untuk tim sepak bola asosiasi nasional pria yang diterbitkan oleh situs web Elo Ratings mengutip Detik.

    Ditambah dengan sedikit asumsi, hasil pemodelan buatan Josh dapat menghantarkan Josh sebagai peramal Piala Dunia Matematika Oxford. 

    “Josh Bull menjalankan model Piala Dunia Matematika Oxford kami 1.000.000+ kali untuk babak Grup & masing-masing 100.000 kali untuk pertandingan sistem gugur untuk menemukan hasil yang paling mungkin. Kami menekankan 'mungkin'. Dengan 64 game 'tidak mungkin' kemungkinan memiliki game bagus yang aneh,” melansir Instagram resmi Matematika Oxford, Senin (21/11/2022).

    Brasil Diprediksikan Menang dalam Piala Dunia 2022

    Pemodelan matematika joshua BullPemodelan Matematika yang Dibuat Oleh Joshua Bull dengan Persentase Kemenangan Masing-Masing Negara (Instagram/oxford.mathematics)

     

    Josh sendiri sudah memulai prediksinya selama Piala Dunia Qatar 2022 sebanyak satu juta kali untuk babak knock out atau sistem gugur. Melalui pemodelan, Josh akan membuat sebuah asumsi kesimpulan, tim mana yang layak menjadi juara. Faktanya, menurut Universitas Oxford, asumsi adalah hak prerogatif pemodel.

    Setelah melalui serangkaian proses pemodelan, dapat diprediksikan bahwa Brasil akan menjadi juara Piala Dunia 2022, Kawula Muda.

    Mengutip laman resmi Universitas Oxford, “Kami dalam model kepercayaan Matematika Oxford, terutama saat dibuat oleh Joshua Bull kami sendiri. Jadi mari kita hadapi fakta - atau model - Inggris (3,41%) dan Wales (1,07%) memiliki sedikit peluang untuk memenangkan Piala Dunia. Sedangkan Brasil & Argentina, dan sebagian besar negara Eropa lainnya…”

    Seolah sengaja tidak menyelesaikan pernyataan tersebut, Josh mengungkapkan bahwa hasilnya adalah Inggris akan kalah di perempat final, Argentina akan melawan Brasil di semifinal, dan Brasil mengalahkan Belgia di final!

    Meski hasil akhir akan unggul di Brasil, Belgia tetap memiliki peluang yang baik untuk mengalahkan sang juara bertahan, loh.

    Perkiraan ini mengarah kepada putaran final Piala Dunia 2022, yang akan mempertemukan Brasil melawan Belgia.

    Brasil yang kerap memenangkan Piala Dunia memiliki peluang besar melawan Belgia di putaran final dengan kemungkinan 61,3 persen untuk memenangkan Piala Dunia 2022.

    Meski hanya sebuah prediksi, namun cukup mendebarkan ya, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT