Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 02 2022

    BTS Diperbolehkan Tetap Tampil Selama Masa Wajib Militer, Kok Bisa?

    Masih dirundingkan dulu, sih tapi Kawula Muda.

    BTS, boygroup K-Pop asal Korea Selatan. (TWITTER/BTS OFFICIAL)


    Kawula Muda, Menteri Pertahanan Negara Korea Selatan, Lee Jong-sup, memungkinkan BTS masih bisa tampil manggung saat menjalankan wajib militer, dilansir dari Billboard, Selasa (02/08/2022).

    Diketahui, seluruh pria Korea Selatan yang berusia antara 18-28 tahun diwajibkan untuk bertugas di militer setidaknya selama 18 bulan. Akan tetapi, idol K-pop dapat menunda dinas militer mereka, termasuk BTS.

    Di 2018, pemerintah meloloskan revisi Undang-Undang Dinas Militer (beberapa disebut sebagai UU BTS), yang memungkinkan penundaan dinas militer hingga usia 30 tahun dalam keadaan tertentu.

    Lee Jong-sup baru-baru ini mengatakan selama sesi parlemen bahwa akan mengizinkan BTS untuk terus tampil bahkan saat wamil. Mereka dapat melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi jumlah personil.

    BTSBoygroup yang berada di bawah naungan Big Hit Music, BTS. (TWITTER)

     

    “Bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri,” katanya, menurut laporan Reuters.

    “Karena banyak orang sangat menghargai di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi.”

    Sementara itu, Korea Selatan mengizinkan beberapa atlet dan musisi untuk tidak ikut wajib militer, tanpa pengecualian serupa untuk artis pop. Revisi Undang-Undang Dinas Militer 2018 memungkinkan industri K-pop untuk mengajukan penundaan jika mereka telah menerima medali pemerintah untuk meningkatkan pengaruh budaya Korea Selatan di seluruh dunia.

    Kalau dilihat, ke-7 anggota BTS sudah memenuhi syarat tersebut, nih.  Mereka dianugerahi penghargaan budaya Hwagwan dari pemerintah di 2018 dalam Korean Popular Culture & Arts Awards.

    Lewat keterangan di Billboard melanjutkan, parlemen Korea Selatan sekarang juga sedang memperdebatkan RUU yang akan mempersingkat dinas militer untuk bintang K-pop menjadi tiga minggu dari sekitar dua tahun.

    Tetap tunggu kabar resminya saja ya, ARMY.

    Editor Team

    COMMENT