Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 21 2022

    Ceritakan Hubungan yang Tak Bisa Bertahan, Afgan Rilis “Pendam”

    Lo paling suka lagu Afgan yang mana di EP terbarunya, Kawula Muda?

    Afgan rilis single terbaru bertajuk "Pendam" (AFGAN)

    Pelantun merdu Indonesia, Afgan, baru saja meluncurkan single terbarunya. Bertajuk “Pendam”, lagu tersebut menceritakan tentang hubungan cinta yang tidak bisa bertahan. 

    Makna lagu tersebut pun terwujud lewat melodi pelan ala ballad yang bersatu dengan suara merdu Afgan. Pada lagu tersebut, emosi yang ditonjolkan yakni perjuangan seseorang yang memilih untuk menyimpan sedih dan sakit dalam dirinya sendiri. 

    AfganAfgan rilis single terbaru bertajuk "Pendam" (AFGAN)

     

    “Setelah sekuat tenaga mencoba mempertahankan, hubungan kamu dan dia pada akhirnya tidak berjalan sesuai harapan. Meski kamu mengharapkan dan mencintai dia, tapi kalau keadaannya tidak bisa diubah lagi, lebih bijaksana untuk memendam saja perasaan yang ada,” jelas pemilik nama panjang Afgansyah Reza tersebut. 

    Adapun keinginan untuk membuat lagu ballad berbahasa Indonesia memang telah lama dirasakan oleh Afgan. Karena itu, dalam proses penggarapannya, Afgan mengaku tidak memiliki kesulitan yang berarti. 


    “Karena, menyampaikan apa yang kamu rasakan padanya pun tak akan mengubah keadaan. Di sisi lain, 'Pendam' adalah gabungan dari pemikiran personalku dan curhatan salah satu sahabatku,” lanjutnya. 

    Untuk mengerjakan lagu tersebut, Afgan berkolaborasi dengan grup produser S/EEK, Simhala Avanda, dan A&R Trinity Optima Production. Agar lagu tersebut tidak terkesan over-produced, lagu tersebut juga dibuat secara minimalis. Lewat konsep tersebut, Afgan berharap emosi yang lebih dalam dapat tersampaikan kepada pendengar. 

    “Lewat 'Pendam', aku ingin menyampaikan bahwa most of the time, memendam perasaan itu bukan sesuatu yang baru. Tapi, at times memendam perasaan itu adalah sesuatu yang necessary untuk dilakukan,” tambah pelantun “Sadis” tersebut. 


    Lebih lanjut, “Pendam” juga akan memiliki versi video musiknya loh, Kawula Muda! Ini adalah pertama kalinya bagi Afgan untuk mengekspresikan emosi pada lagunya lewat gerakan. Diketahui, setiap gerakan memiliki koreografi tersendiri dan membuat Afgan harus menjalani berbagai proses latihan terlebih dahulu. 

    Adapun lagu tersebut merupakan bagian dari Extended Play (EP) yang berjudul +62. EP tersebut direncanakan terdiri atas tiga lagu berbahasa Indonesia. Sebelum “Pendam”, musisi tersebut juga baru saja merilis “Lestari Merdu” pada Agustus lalu loh, Kawula Muda! 

    Editor Team

    COMMENT