Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 09 2022

    Tulus Pecahkan Rekor Spotify dengan “Hati-Hati di Jalan” dari Album "Manusia"

    Kawula Muda, sepertinya banyak penggemar yang sudah kangen dengan Tulus.

    Tulus Rilis Album ke-5 'Manusia'


    Tepat di perayaan Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret, sebuah pencapaian membanggakan diraih oleh salah satu penyanyi kebanggaan Tanah Air, Tulus.

    Penyanyi Tulus berhasil menorehkan prestasi baru dengan album terbarunya yang berjudul “Manusia”. Bahkan salah satu lagu dalam albumnya ini yang berjudul Hati-Hati di Jalan sukses mendapatkan peringkat di Global Chart Spotify untuk pertama kalinya.

    Menurut laporan dari akun Chart Data, lagu Hati-Hati di Jalan memecahkan rekor pemutaran terbanyak di Spotify Indonesia dengan jumlah streaming mencapai hampir 1 juta.

    “Hati-Hati di Jalan milik Tulus memecahkan rekor sepanjang masa di Spotify Indonesia dengan 969 ribu pemutaran dan masuk ke Global Chart untuk pertama kali (#93),” ungkap akun @chartdata pada 7 Maret 2022.

    Berdasarkan laporan dari Spotify Charts, lagu Hati-Hati di Jalan berhasil menempati peringkat ke-93. Hati-Hati di Jalan menjadi lagu berbahasa Indonesia pertama yang berhasil masuk tangga musik global untuk tahun ini.

    Walaupun belum memiliki video musik dan hanya dirilis dalam bentuk video lirik, Hati-Hati di Jalan sempat menjadi trending di kalangan warganet dan pendengar musik Tanah Air.

    Tampaknya, antusiasme yang tinggi dari para penggemar yang sudah tidak sabar untuk mendengar suara Tulus membawakan lagu baru, menjadi salah satu alasan album “Manusia” sangat dinanti.

    Tidak hanya lagunya, album “Manusia” juga berhasil debut di posisi ke-3 Top Albums Debut Global Spotify per 4-6 Maret 2022. Album milik Tulus ini berhasil unggul dari “BETTER THAN YOU” milik DaBaby dan YoungBoy, bahkan album milik Diplo yang berjudul “Diplo”.

    Selain itu, sebelumnya Tulus sempat mendapatkan predikat sebagai salah satu penyanyi Indonesia dengan lagu yang paling banyak diputar di Spotify. Pada 2019, seluruh lagu Tulus diketahui diputar hingga 100 juta dan jumlahnya terus bertambah.

    Sementara itu, album “Manusia” merupakan lanjutan dari album “Monokrom” yang dirilis pada 2016. “Manusia” menjadi salah satu cara Tulus merayakan 10 tahun kariernya di dunia musik Indonesia.

    Album yang dipersiapkan selama masa pandemi ini menjadi penantian panjang para penggemarnya setelah hampir enam tahun menunggu. Album kelimanya itu akhirnya dirilis pada 3 Maret 2022.

    Dalam penggarapan album “Manusia”, Tulus banyak mengajak sejumlah musisi ternama seperti Erwin Gutawa, Dere, Petra Sihombing, Yoseph Sitompul, dan juga Topan Abimanyu. Album ini juga menandai kembalinya produser Ari Renaldi.

    Album ini berisi 10 track termasuk single berjudul Tujuh Belas yang dirilis sepekan sebelumnya, yaitu pada 24 Februari 2022.

    Editor Team

    COMMENT