Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jul 29 2022

    Anggota DPR Sebut Depok Bisa Bantu Ekonomi Jakarta jika IKN Pindah!

    Kalo menurut lo gimana, Kawula Muda?

    Ilustrasi Jakarta. (Internationalsociety)


    Anggota Komisi II DPR RI, Fraksi PAN Guspardi Gaus, mengatakan bahwa Depok hingga Bogor dapat bergabung dengan Jakarta Raya. Adapun hal tersebut dapat menjadi langkah antisipasi apabila Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara benar-benar pindah dari Jakarta.

    JakartaJakarta (UNSPLASH/Eko Herwantoro)

     

    “Usulan atau gagasan penggabungan daerah penyangga Jakarta bergabung menjadi Jakarta Raya bisa jadi sebagai antisipasi Jakarta yang tidak lagi menjadi Ibu Kota. Status Jakarta tetap daerah khusus yang diproyeksikan sebagai kota perdagangan dan pusat bisnis,” kata Guspardi mengutip IDN Times pada Kamis (28/07/2022). 

    Guspardi pun menambahkan bahwa usulan tersebut dapat menjadi langkah antisipasi guncangan ekonomi di Jakarta usai tidak lagi menjadi Ibu Kota. Menurutnya, Depok berpotensi untuk menopang perekonomian tersebut. 

    Jika hal tersebut terjadi, ada pula kemungkinan perubahan nama Jakarta menjadi Jakarta Raya. Walau begitu, perlu banyak koordinasi dengan pemerintah daerah lainnya apabila ingin mewujudkan hal tersebut. 

    “Gagasan ini harus didiskusikan antar pemerintah daerah se-Jabodetabek dari sekarang. Karena yang paling paham permasalahan ya para pemda setempat,” tambah Guspardi. 

    Sebelumnya, usulan mengenai masuknya Depok, Bogor, dan Bekasi ke wilayah Jakarta Raya sebenarnya telah lama diusulkan sebelumnya.

    Komisi DPR II pun menyatakan tengah mempertimbangkan usulan tersebut. Pertimbangan tersebut dapat dilakukan lewat revisi Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

    Aturan tersebut memang mengatur tentang keistimewaan kota Jakarta sebagai ibu kota. Karena kekhususannya seperti yang tertuang dalam konstitusi Pasal 18, Jakarta memang berbeda dengan provinsi lainnya.

    Editor Team

    COMMENT