Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 12 2022

    Anies Baswedan Kembali Ubah Nama Kota Tua jadi Batavia

    Lo tim pro atau kontra, Kawula Muda?

    Kawasan wisata Kota Tua kini berubah nama menjadi Batavia (UNSPLASH/ANISETUS PALMA)


    Gubernur Jakarta Anies Baswedan baru saja mengubah nama kawasan wisata Kota Tua menjadi Batavia. 

    “Jadi ini adalah pembukaan kembali Kota Tua Jakarta. Kawasan Kota Tua ini kita namai kawasan Batavia sebagaimana nama aslinya dulu,” tutur Anies terkait dengan perubahan nama tersebut dikutip dari CNNIndonesia pada Senin (12/09/2022). 

    Kota TuaWisata rekreasi Kota Tua/Batavia (UNSPLASH/HERU EKO SAPUTRO)

      

    Nama tersebut dinilai mencerminkan masa lalu Jakarta. Walau begitu, diharapkan kawasan Batavia tersebut dapat mencerminkan sebuah kota modern. 

    Hal tersebut mengingat Pemprov DKI Jakarta yang melakukan revitalisasi untuk wilayah hiburan tersebut. Kini, wilayah Batavia sudah terhubung dengan berbagai transportasi. Sebut saja Transjakarta hingga Kereta Api Commuter Line. 

    Sebagai rencana jangka panjang, Gubernur Jakarta tersebut juga merencanakan jalur yang terhubung dengan Mass Rapid Train (MRT). Kini, MRT fase kedua memang tengah dibangun dan akan menghubungkan wilayah Batavia hingga Bundaran HI. 

    Revitalisasi tersebut pun membuat kawasan Batavia menjadi ramah untuk pejalan kaki. Buktinya, kini terdapat berbagai jalur pedestrian supaya wilayah Batavia nyaman untuk dikunjungi. 

    “Di sisi lain kita juga menyaksikan dengan dibangun sebagai kawasan pejalan kaki yang luas sekali dan dengan jalur sepeda nantinya kita berharap warga datang ke sini bisa menikmati perjalanan kota ini lintas waktu,” tambah Anies Baswedan.

    Editor Team

    COMMENT