Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Apr 20 2022

    Antibodi Masyarakat Naik Jadi 92,2 Persen, Sudah Amankah untuk Mudik?

    Hai Kawula Muda, yang mau mudik, tetap jaga prokesnya ya!

    Ilustrasi suasana para calon penumpang di stasiun kereta. (FREEPIK)


    Baru-baru ini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) melakukan penelitian tentang antibodi tubuh terhadap virus (Sero Survei).

    Penelitian tersebut dilakukan untuk mengambil kebijakan dalam menghadapi Lebaran 2022 di tengah pandemi COVID-19, yang diumumkan sendiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (18/04/2022), usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

    Dan hasilnya menunjukkan antibodi masyarakat Indonesia meningkat menjadi 99,2 persen. Berdasarkan hasil survei tersebut, Menkes menambahkan, pemerintah meyakini dengan titer antibodi yang tinggi tersebut akan mengurangi risiko akibat COVID-19.

    Aturan halalbihalal

    Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyampaikan aturan terbaru Lebaran 2022. Pemerintah tidak melarang acara open house untuk halalbihalal di Hari Raya, namun dengan catatan tamu diimbau tak makan-makan maupun minum di sembarang tempat.

    Imbauan tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran droplet atau tetesan pernapasan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara saat makan. Kendati demikian, masyarakat masih diperbolehkan makan bersama dengan memperhatikan protokol kesehatan.

    Airlangga Hartarto juga mengingatkan, kegiatan menjelang Lebaran, utamanya di tempat keramaian harus dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

    "Terkait dengan kegiatan yang di tempat hiburan atau di tempat keramaian ini dilakukan dengan protokol kesehatan dan juga sesuai dengan kapasitas. Tentu kegiatan ini nanti akan dituangkan di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri," ujar Airlangga.

    Selain halalbihalal, pemerintah sebelumnya juga telah memberi izin kepada masyarakat jika ingin melakukan perjalanan mudik lebaran atau hari raya tahun ini. Bahkan beberapa BUMN dan pemerintah daerah menggelar mudik gratis.

    Editor Team

    COMMENT