Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 08 2022

    Awas Kebocoran Data! Begini Cara Cek Apakah NIK Terdaftar di Partai Politik

    Untuk melindungi data pribadi kita, Kawula Muda!

    Ilustrasi NIK di KTP. (TIMES)


    Belakangan ini, sempat ramai banyaknya warganet yang mendapati NIK miliknya terdaftar di partai politik (parpol) tertentu. Padahal, para warganet tersebut mengakui tidak pernah mendaftar di partai politik tersebut. 

    Hal tersebut pun tidak lepas dari banyaknya data pribadi yang bocor dan diperjual belikan. Karena itu, ada kemungkinan data tersebut disalahgunakan oleh beberapa pihak. 

    HACKERIlustrasi hacker. (FREEPIK)

     

    Lantas bagaimana cara mengecek apakah NIK lo telah terdaftar di salah satu partai politik?

    - Kawula Muda dapat mengunjungi laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yaitu https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik

    - Masukan NIK yang dicari di kolom yang tersedia

    - Klik bagian Captcha

    - Klik “Cari”

    - Hasil pencarian pun ditemukan

    Kemudian, jika ternyata NIK Kawula Muda terdaftar di salah satu partai politik tanpa sepengetahuan lo, berikut cara melaporkannya!

    - Buka laman https://helpdesk/kpu/id/tanggapan

    - Isi data lengkap sesuai yang diminta

    - Isi kolom tanggapan dan masukan bukti pengaduan (foto bahwa identitas tercantum sebagai anggota partai politik)

    - Lampirkan form tanggapan masyarakat (dapat diunduh di https://helpdesk.kpu.go.id/download_formulir

    Lebih lanjut, anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos turut menyarankan pelaporan apabila mendapati pencantuman NIK yang tidak bertanggung jawab tersebut. 

    “Kan perlu diverifikasi kepada parpol, kepada yang bersangkutan. Kalau misalnya yang bersangkutan menyatakan saya bukan anggota parpol, tentu diverifikasi nanti kepada parpol, lalu kepada yang bersangkutan. Kalau penyelenggaran pemilu, tentu kami akan meminta parpol untuk menghapus dalam masa perbaikan, kan ada masa perbaikan ketika verifikasi administrasi," ujarnya seperti dikutip dari Liputan6 pada Kamis (08/09/2022). 

    Selain dapat menghapus data dari database partai politik, pelaporan dan verifikasi ulang tersebut juga akan memudahkan verifikasi identitas Kawula Muda jelang pemilu nanti. 

    Karena itu, jangan lupa mengecek dan melaporkan apabila NIK lo dipergunakan orang lain tanpa tanggung jawab, ya Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT