Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jul 22 2022

    Bergejala Ringan, Gedung Putih Umumkan Joe Biden Positif Covid-19

    Hai Kawula Muda, get well soon Mr President.

    Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (TWITTER)


    Varian baru Covid-19 yang terus bermunculan membuat kita semua harus selalu waspada agar tak terkontaminasi. Bahkan sekelas orang nomor satu di Amerika Serikat pun harus merasakan paparan virus ini.

    Ya, presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (21/7/2022). Namun demikian, pihak Gedung Putih menyebut Biden mengalami gejala ringan dan dalam kondisi baik.

    Dikutip dari CNBC, Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan menyatakan, “Presiden berusia 79 tahun, yang telah divaksinasi penuh dan telah menerima dua suntikan penguat Covid, mengalami gejala yang sangat ringan."

    Karine juga mengatakan bahwa sebelumnya dinyatakan negatif pada Selasa.

    “Biden telah mulai mengonsumsi Paxlovid, pil antivirus yang dapat mengurangi risiko rawat inap bagi orang yang dites positif Covid.”

    Sedangkan dari pihak dokter Gedung Putih, Kevin O’Connor dalam sebuah memorandum memberi pernyataan bahwa gejala yang dialami Joe Biden termasuk batuk kering, pilek, dan kelelahan.

    “Gejala-gejala itu dimulai Rabu malam,” kata O'Connor.

    "Saya mengantisipasi bahwa dia akan merespons dengan baik, seperti yang dilakukan sebagian besar pasien yang dilindungi secara maksimal," tambah dokter itu.

    Dilakukan tracing

    Pihak Gedung Putih menyatakan sedang menghubungi orang-orang yang kontak dekat dengan Joe Biden dalam beberapa waktu terakhir untuk tracing.

    Biden telah meningkatkan keterlibatannya dengan publik setahun terakhir karena Gedung Putih telah mengubah pendekatannya terhadap pandemi.

    Pada Rabu (20/7/2022), Biden melakukan perjalanan ke Somerset, Massachusetts, untuk acara tentang tindakan eksekutif iklim. Di sana sang presiden terlihat berjabat tangan dan menyapa hadirin di kerumunan luar.

    Beberapa hari sebelumnya, Biden juga baru pulang dari lawatannya di Timur Tengah. Di sana ia mengadakan pertemuan dengan para pemimpin dunia di Israel dan Arab Saudi.

    Saat berada di luar negeri, Biden terlihat berjabat tangan, mengepalkan tangan, dan memeluk pemimpin lainnya.

    Karena itulah, Jean-Pierre mengatakan jajarannya akan melakukan tracing, termasuk kepada anggota Kongres dan media.

    Presiden AS Joe Biden sebelumnya telah buka suara usai dikonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (21/7/2022). Ia mengunggah foto sedang duduk di meja kerjanya, sambil tersenyum. Handphone dan sejumlah dokumen juga terlihat di atas meja.

    "Semuanya, saya baik-baik saja. Terima kasih atas perhatian kalian," tulis Joe Biden.

    Dalam cuitan tersebut, ia juga memberi tahu hal-hal yang dilakukan setelah mengetahui kondisi kesehatannya. Gedung Putih sebelumnya juga sudah menginformasikan Biden tetap bekerja saat masa isolasi.

    "Baru saja menelepon Senator Casey, Anggota Kongres Cartwright, Wali Kota Cognetti (dan sepupu Scranton saya!) untuk menyampaikan penyesalan melewatkan acara kami hari ini. Tetap Sibuk!," tulisnya.

    Editor Team

    COMMENT