Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 30 2022

    Breaking News! Tragedi Perayaan Halloween di Itaewon Seoul, 149 Tewas

    Hai Kawula Muda, Pray for Itaewon.

    Pray to Itaewon, tragedi di perayaan Halloween. (TWITTER)

    Sebuah tragedi memilukan baru saja terjadi di Korea Selatan, tepatnya di sebuah distrik Kota Itaewon, Seoul. Di tengah perayaan Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat, tiba-tiba saja suasana menjadi tak terkendali.

    Para pejabat darurat Korea Selatan mengatakan, sedikitnya 149 tewas karena berdesak-desakan di perayaan Halloween yang dihadiri banyak anak muda tersebut.

    Para pejabat mengatakan, kebanyakan korban adalah perempuan muda. Korban cedera tercatat sebanyak 79 orang.

    Diinformasikan juga bahwa terdapat dua warga negara asing termasuk korban tewas dalam insiden tersebut. Namun, para pejabat tidak memberi informasi kewarganegaraan keduanya.

    Pusat hiburan malam

    Kawasan Itaewon di Seoul Tengah adalah pusat klub malam dan bar yang sering didatangi ekspatriat dan warga lokal.

    Distrik itu dipadati oleh pengunjung yang merayakan Halloween. Media lokal memperkirakan sekitar 100 ribu orang berkumpul untuk merayakan Halloween.

    Belum jelas apa yang memicu insiden yang dimulai di belakang Hotel Hamilton di sebuah lorong sempit di mana banyak klub berjejer.

    Dikutip dari VOA, pada Minggu (30/10/2022) dini hari tampak para petugas darurat mengangkut sejumlah korban ke beberapa ambulans yang bersiaga.

    PRAY ITAEWONPray to Itaewon, tragedi di perayaan Halloween. (TWITTER/VOI)

      

    Seorang saksi mata mengatakan, pada awal kekacauan ia mengira orang-orang yang tergeletak di jalan itu mabuk atau pingsan. Namun, ia kemudian mendapati bahwa mereka cedera dan tewas.

    Para pejabat mengatakan, sulit mengidentifikasi jenazah. Sebagian karena banyak yang memakai kostum Halloween dan banyak yang tidak membawa kartu identitas.

    Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol yang berkantor dekat Itaewon pun langsung memimpin respons pemerintah hingga larut malam. Wali Kota Seoul Oh Se-hoon yang berada di Eropa juga telah memutuskan untuk pulang.

    Sejumlah foto dan video di media sosial pun ramai beredar memperlihatkan kekacauan di lokasi. Para pengunjung, banyak yang mengenakan kostum Halloween berusaha melakukan resusitasi jantung paru (CPR) terhadap korban cedera.

    Turut berduka, #PrayforItaewon.

    Editor Team

    COMMENT