Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Mar 16 2022

    Daftar Brand Internasional Ternama yang Hengkang dari Rusia

    bayangin gak bisa nonton netflix dan scrolling instagram :(

    Apple jadi salah satu layanan gadget yang hentikan penjualan di Rusia (UNSPLASH/Andy Wang)


    Semenjak Rusia melakukan invasi ke Ukraina, berbagai sanksi internasional yang ditunjukkan untuk Rusia diberlakukan. Amerika Serikat hingga NATO bahkan telah menarik sejumlah brand ternama dari Rusia.

    Dikutip dari USA Today, Kompas, Kolekfa, dan berbagai sumber lainnya pada Selasa (15/03/2022), berikut beberapa layanan yang melakukan penangguhan alias ‘hengkang’ dari Rusia! 

    Media Sosial dan Layanan Streaming

    Ilustrasi NetflixIlustrasi Netflix (UNSPLASH/Alexander Shatov)

    Netflix telah mengumumkan akan berhenti beroperasi di Rusia sejak Minggu (06/03/2022) lalu. Selain itu, Disney juga telah mengumumkan akan menangguhkan rilis semua filmnya di Rusia.

    Di sisi lain, beberapa aplikasi media sosial juga telah diblokir oleh pemerintah Rusia. Kini, mereka tidak lagi bisa mengakses Facebook, Instagram, hingga Twitter. TikTok juga tidak lagi mengizinkan unggahan baru dari warga Rusia. 

    Gadget dan Microsoft

    Samsung dan Apple juga telah menghentikan penjualan produk mereka di Rusia. Sementara itu, Microsoft juga telah menghentikan semua penjualan baru produknya di Rusia. Mereka turut mengutuk invasi yang dilakukan oleh Rusia tersebut pada Jumat (04/03/2022). 

    Restoran Cepat Saji

    McDonaldMcDonald (UNSPLASH/Joiarib Morale)

    Restoran cepat saji seperti McDonald’s, KFC, Pizza Hut, hingga Papa John telah menghentikan semua dukungan ekonomi di pasar Rusia. McDonald’s dilaporkan telah menutup semua gerai restonya di Rusia sejak Selasa (08/03/2022) kemarin. Selain itu, Starbuck juga telah berhenti beroperasi di Rusia pada tanggal yang sama.

    Retail Olahraga

    Berbagai retail olahraga seperti Under Amou, Nike, Puma, serta Adidas telah menutup toko mereka di Rusia. Pada Kamis hingga Maret 2022, lebih dari 116 toko Nike dan 100 toko Puma di Rusia telah berhenti beroperasi. 

    Layanan Bank dan Keuangan

    PayPal 1PayPal jadi salah satu metode pembayaran digital ter-favorite. (unsplash/asyfaul)

    Paypal, perusahaan transaksi keuangan internasional sudah tidak lagi berfungsi di Rusia. Selain itu, Visa, Mastercard, hingga American Express juga berhenti beroperasi di Rusia. Akibatnya, setiap transaksi dengan kartu-kartu tersebut tidak lagi berfungsi untuk pemakaian di luar negeri.

    Furniture

    Layanan furniture terbesar di dunia, IKEA juga telah menutup layanan di Rusia. Perusahaan TJX (T.J. Maxx, Marshalls, HomeGoods) juga telah menjual saham mereka di rantai ritel Rusia Familia. 

    Label Fashion

    Berbagai label fashion ternama seperti Burberry, Chanel, H&M, dan Zara telah menutup lebih dari 500 toko mereka di Rusia. Selain itu, mereka juga telah menghentikan pengiriman baju ke Rusia.

    Selain dari berbagai layanan tersebut, berbagai sektor lain turut menutup pintu bisnis mereka di Rusia. Sebut saja produk dapur (Kraft Heinz), minuman (Coca-Cola, Pepsi, Heineken, Jack Daniel’s), hingga otomotif (General Motors, Ford). Federasi sepak bola internasional, FIFA juga telah mengeluarkan tim nasional Rusia dari kualifikasi Piala Dunia yang akan datang. 

    Penangguhan dan penghentian layanan tersebut akan berlangsung sampai waktu yang belum ditentukan. 

    Editor Team

    COMMENT