Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 10 2022

    Daftar Pekerjaan yang Diperkirakan Hilang dan Digantikan Robot, Ada PNS juga?

    Kawula Muda, ada pekerjaan kamu yang masuk daftar?

    Tangan robot dan tangan manusia. (FREEPIK)


    Banyak teknologi dibuat yang kemudian bisa membantu produktivitas dan segala macam kebutuhan manusia. Hal tersebut kemudian mengurangi beban kerja manusia, dan menggantikan pekerjaan manusia dengan robot.

    Menurut laporan BBC tahun 2019 dari analisis Oxford Economic, pada tahun 2030 nanti akan nada sekitar 20 juta pekerjaan manufaktur yang dikerjakan oleh robot. 

    Laporan tersebut juga menyebutkan, profesi yang akan digantikan memiliki kriteria keterampilan rendah, ekonomi lemah sehingga dapat mengakibatkan pengangguran yang lebih tinggi.

    Berikut daftar pekerjaan manusia yang akan digantikan oleh robot:

    PNSPegawai Negara Sipil (PONTAS.ID)

    PNS

    Meski terkesan sulit, mengganti PNS dengan robot bukan hal yang mustahil.

    Dilansir dari CNBC Indonesia, Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengamini kemungkinan PNS diganti dengan tenaga robot. Akan tetapi hal tersebut hanya terjadi di beberapa sektor tertentu.

    "Menurut saya bisa saja. Tapi memang tidak semuanya bisa diganti. Karena masyarakat kita masih banyak ogah dilayani dengan teknologi dan lebih puas mengobrol langsung dengan petugas pelayan publik," kata Trubus kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/11/2021).

    Beberapa pekerjaan PNS yang bisa digantikan oleh robot di antaranya pengurusan KTP dan yang berada di Samsat. Dengan diganti oleh robot, pekerjaan tersebut bisa meminimalisir terjadinya pungli.

    Ilustrasi kasirIlustrasi kasir (99.co)

    Kasir

    Saat ini beberapa swalayan maupun rumah makan sudah menggunakan self checkout atau membayar sendiri. Oleh karenanya, pelanggan dapat menyelesaikan belanjaannya tanpa bantuan seorang kasir.

    Kendati demikian, peran seorang kasir masih akan terus dibutuhkan. Akan tetapi, jumlahnya terus mengalami penurunan, dan boleh jadi seiring berjalannya waktu peran kasir bisa digantikan oleh robot.

    Ilustrasi teller bankIlustrasi teller bank (Unspalsh)

    Teller dan Pegawai Bank

    Perkembangan teknologi dalam ranah pembayaran atau m-banking semakin menguatkan bahwa teller dan pegawai bank boleh jadi perannya akan digantikan oleh robot suatu saat nanti, atau paling tidak profesi tersebut akan mengalami penurunan.

    Kecenderungan manusia yang lebih memilih pelayanan melalui virtual, juga faktor minimnya waktu untuk berkunjung ke bank menjadi alasan yang cukup kuat jika profesi ini suatu saat nanti akan diganti oleh robot.

    Sopir

    Adanya kemajuan dalam bidang transportasi juga berimbas pada pekerjaan sopir yang diperkirakan bakal menghilang. Saat ini sudah banyak mobil autopilot yang bisa menyetir sendiri. Mobil tersebut juga bertenaga listrik. Sebut saja Tesla yang sudah mengedepankan teknologi ini.

    Bartender

    Menjadi seorang bartender bukan hanya dituntut untuk bisa menyajikan minuman enak, tapi juga harus bisa melayani dengan baik dan tak jarang perusahaan F&B mencari bartender yang supel, mudah bergaul dengan konsumen. Meski begitu, ternyata pekerjaan ini juga diprediksi bisa digantikan oleh robot dengan adanya mesin-mesin peracik kopi atau minuman lainnya yang tersebar di berbagai tempat umum atau di rumah pribadi sekali pun. 

    Editor Team

    COMMENT