Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 09 2020

    Ernest Prakasa Terang-terangan Semprot Awkarin yang Curi Karya Orang Lain Lagi

    Kawula Muda, selebgram Awkarin atau Karin Novilda Sulaiman lagi-lagi membuat geger warga twitter hingga menjadi trending topic!

    Selebgram Karin Novilda alias Awkarin. (INSTAGRAM/KARIN NOVILDA)

    Karin Novilda Sulaiman atau yang populer dengan nama Awkarin tengah jadi perbincangan. Selebritas asal Indonesia yang aktif di media sosial tersebut ketahuan memakai ilustrasi seniman luar negeri tanpa izin untuk kontennya.

    Awkarin mengedit fotonya bersama sang kekasih, Sabian Tama, sedang di atas mobil jeep di sebuah lokasi di Yogyakarta. Perempuan berdarah Palembang-China itu kembali ketahuan memakai karya seniman untuk foto pribadinya.

    Hal ini terungkap setelah sang seniman asal Amerika Serikat bernama Hallie Bateman melontarkan protes melalui akun Twitter-nya.

    Postingan Awkarin menjadi perbincangan setelah ketahuan memakai ilustrasi seniman luar negeri tanpa izin.Postingan Awkarin yang menjadi perbincangan setelah ketahuan memakai ilustrasi seniman luar negeri tanpa izin. (INSTAGRAM/awkarin)

     

    Dilihat dari cuitan sang seniman, dia mengetahui hal ini dari postingan seorang netizen asal Indonesia yang memperlihatkan foto Awkarin bersama kekasihnya di Instagram dengan memakai ilustrasi tersebut.

    "Hi @awkarin berhenti memakai karya seni orang lain tanpa pemberitahuan dan mendapatkan sekitar 170 ribu likes di sana. Katakan sesuatu kepada @hallithbates," cuit akun @dyhnvc.

    Hallie Bateman yang menyadari karyanya dipakai Awkarin tanpa izin ikut menanggapi dengan memintanya menghapus postingannya. Tetapi, dia tidak mendapatkan respons dari selebgram berusia 22 tahun tersebut.

    "@Awkarin mengedit dan mengunggah karya seni saya ke akun Instagram-nya, membagikannya kepada 5,7 juta followers, tanpa pernah meminta izin atau mencantumkan nama saya. Saya meminta dia untuk menurunkannya. Tidak ada respons," cuit Hallie Bateman dengan akun @hallithbates.

    Sang seniman juga meminta Awkarin untuk mengakui kesalahannya di depan publik.

    Sutradara film yang juga komika, Ernest Prakasa, terang-terangan menyindir apa yang dilakukan oleh Awkarin.

    "Awkarin go international karna (lagi-lagi) mencuri karya orang lain untuk dijadikan konten. Keren banget," sindir Ernest Prakasa di Twitter pada Rabu (7/10/2020).

    Sutradara Cek Toko Sebelah ini mengatakan tidak akan tinggal diam apabila melihat public figure Tanah Air melakukan plagiat. Ia juga menegaskan akan terus mempermasalahkan konten-konten siapa pun yang didapat dari hasil nyolong.

    “Konten alay, settingan, prank, drama lebay? Silakan aja lah selama ga jahatin orang. Namanya juga showbiz. Tapi kalo konten nyolong, gw bakal ributin terus-terusan. Itu janji gw," kata Ernest.

    Tidak menunggu lama, unggahan ini pun langsung mengundang banyak komentar netizen. Mereka mengaku setuju dengan protes keras yang dilontarkan Ernest.

    Awkarin akhirnya angkat bicara mengenai kejadian ini. Dia meminta maaf dan mengaku bahwa foto yang diunggahnya itu diambil dari Pinterest. Selebgram ini mengaku tidak tahu karya siapa foto tersebut.

    Foto yang menggunakan ilustrasi seniman luar negeri itu akhirnya dihapus dari Instagramnya.  

    Ini bukan ini bukan kali pertama Awkarin ketahuan mencuri karya orang lain. Sebelumnya, ia sempat menyematkan tulisan dari karya seniman lain yang dikenal dengan username @sterility_artist.


    COMMENT