Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 08 2021

    Fakta-Fakta Kebakaran di Gudang Shopee, Api Ternyata Berasal dari Gudang Lain!

    Semoga kejadian ini tidak terulang lagi ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi kebakaran. (PEXELS)

    Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan video yang beredar di media sosial, memperlihatkan gudang Shopee Express yang terbakar pada Rabu (6/10/2021). 

    Berikut adalah fakta-fakta tentang kebakaran gudang Shopee Express, melansir dari Tribunnews:

    1. Video kebakaran tersebar di media sosial 

    Video yang memperlihatkan gudang Shopee Express itu viral usai diunggah di akun @infopedia.viral pada Rabu (6/10/2021). Dalam video tersebut, terlihat asap hitam mengepul membumbung tinggi dari sebuah bangunan yang terbakar.

    "Gudang Shopee kebakaran, gudang Shopee. Apinya gede," kata perekam video.

    2. Penjelasan resmi Shopee Express

    Juru Bicara Shopee Express membenarkan terjadinya kebakaran di gudang Shopee Express Penjaringan. Menurut keterangannya, dalam perisitiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa. pihak Shopee juga memastikan bahwa hal itu tidak mengganggu pengiriman barang. 

    "Tidak terjadi kendala terhadap pengiriman pesanan Shopee Express, karena proses pengiriman telah diselesaikan pada pagi hari," demikian pernyataan Juru Bicara Shopee Express dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021) pagi, dikutip dari Kompas.com. 

    Pihak Shopee juga memastikan seluruh barang konsumen berhasil diselamatkan dan telah dipindahkan ke gudang Shopee Express terdekat. 

    3. Penyebab kebakaran 

    Pihak Shopee Express mengatakan penyebab kebakaran berasal dari salah satu gudang di kawasan tersebut. Lalu api merembet hingga ke gudang Shopee Express. 

    "Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh karyawan-karyawan yang berada di lokasi, api terlihat berasal dari salah satu gudang di kawasan tersebut, dan merambat ke hub Shopee Express," jelasnya, mengutip Tribunnews.

    Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Guruh Arif Darmawan, mengatakan kebakaran terjadi karena adanya korsleting listrik di gudang kayu. 

    "Berdasarkan pemeriksaan tim di lapangan yang terbakar itu pergudangan kayu. Masih dicek oleh tim di TKP," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (6/10/2021).

    Meski api sudah berhasil dipadamkan, hingga saat ini masih dilakukan proses pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran dan dibantu kepolisian. 

    Sementara itu, menurut Humas Damkar DKI Jakarta, Mulat, gudang yang terbakar bukan tempat penyimpanan milik jasa ekspedisi. 

    Saat kejadian berlangsung, beredar pesan lokasi kebakaran adalah gudang milik Shopee. Namun, berdasarkan informasi petugas lapangan, lokasi yang terbakar adalah gudang plastik.

    "Menurut informasi dari petugas Labkar yang ada di TKP terbakar, diketahui objek terbakar adalah gudang plastik milik PT Sinarmas. Saat ini area dalam gudang masih dalam proses pendinginan oleh petugas Damkar DKI," kata Mulat.

    Mulat menjelaskan kebakaran terjadi sekitar pukul 08.43 WIB di Jalan Kapuk Kayu Besar RT 01 RW 02, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. 

    Petugas damkar mengerahkan 21 unit mobil pemadam di lokasi, dibantu oleh 105 personel. Api berhasil dipadamkan pukul 10,00 WIB kemudian dilanjutkan proses pendinginan.

    Editor Team

    COMMENT