Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 07 2021

    Gudang Shopee di Jakarta Kebakaran, Berikut Faktanya!

    Semoga insiden seperti ini tidak terulang kembali ya, Kawula Muda.

    Kebakaran di Gudang Shopee di Tanjung Priok, Jakarta Utara. (TIKTOK/ABE_RYAN82).

    Kebakaran terjadi di sebuah bangunan yang terletak di Jalan Agung Karya VII, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu 5 September 2021 sekitar pukul 22.56 WIB.

    Melansir dari Kompas.com, menurut Kanit Reskrim Polsek Tanjung Priok, Iptu Asman Hadi, bangunan seluas 1,4 hektare itu adalah Gudang C milik PT Dunia Express Transindo. yang dijadikan lokasi penyimpanan ekspidisi Shoopee.

    Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Mulat Wijayanto, mengatakan bahwa karyawan yang bekerja saat itu sempat melakukan pemadaman dengan menggunakan hidran sebelum petugas tiba. 

    Namun, nyala api justu makin tidak terkendali dan semakin membesar hingga membakar gudang yang berisi bahan mudah terbakar tersebut.

    “Kami menerima laporan pukul 22.56 WIB, pukul 23.26 WIB sudah bisa dilokalisir. Pukul 02.00 WIB sudah dalam proses pendinginan,” jelas Mulat. 

    Awalnya, saat kejadian pihak damkar mengerahkan 45 personel dan 9 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Lalu kemudian jumlah mobil pemadam dan personel ditambah agar api semakin cepat padam. 

    “Pengerahan akhir 23 unit mobil pemadam kebakaran dengan 100 orang personel,” kata Mulat. 

    Terkait peristiwa ini, pihak Shopee melalui Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, mengonfirmasi hal tersebut. Ia membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran di gudang Shopee yang berada di wilayah Tanjung Priok. 

    “Telah terjadi kebakaran di salah satu gudang Shopee di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu, 5 September 2021 malam,” ujarnya seperti yang dikutip dari Kompas.com

    Radynal mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Selain itu, pihaknya juga meyakinkan bahwa kejadian ini tidak akan menyebabkan kendala pada pengiriman pesanan. 

    “Tidak terjadi kendala terhadap pengiriman pesanan. Karena proses pengiriman telah diselesaikan sehari sebelum kejadian,” ucap Radynal. 

    Terkait dengan sejumlah barang kiriman yang terbakar dalam insiden, Radynal mengatakan bahwa barang penjual yang terbakar telah diberikan asuransi. Pihak Shopee juga akan mengganti kerugian bagi penjual yang barangnya terbakar.

    Editor Team

    COMMENT