Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Feb 18 2022

    Ganti Nama Menjadi Krung Thep Maha Nakhon, Ini Arti dan Fakta di Baliknya

    Hai Kawula Muda, ada yang ganti nama nih.

    Ibu kota Thailand, Bangkok. (INSTAGRAM/BANGKOK-CITY.CO.IL)

    Ibu kota Thailand yang selama ini dikenal dengan sebutan Bangkok akan berganti dan memiliki nama baru. Pergantian nama ini pun mendapat sorotan dari warga Thailand sendiri juga dunia internasional.

    Nama Bangkok yang telah resmi digunakan sejak November 2001 sesuai pengumuman resmi Royal Society saat itu.

    Bangkok dipilih dengan merujuk pada sebuah daerah lama yang sekarang menjadi bagian dari area metropolitan ibu kota, yakni distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai.

    Dilansir Bangkok Post dan New York Times, Jumat (18/2/2022), Kantor Royal Society Thailand (ORST), yang bertanggung jawab atas standar akademik dan linguistik, telah mengumumkan nama resmi Bangkok yang baru.

    Nama ibu kota Thailand yang baru tersebut adalah Krung Thep Maha Nakhon. Dalam pengumumannya, ORST menyampaikan, Krung THep Maha Nakhon akan menjadi nama resmi ibu kota Thailand, tetapi nama Bangkok akan dimasukkan dalam tanda kurung.

    Kabinet Thailand telah menyetujui perubahan nama yang diusulkan oleh ORST tersebut pada Selasa (15/2/2022). Nama resmi yang baru tersebut akan berlaku setelah diperiksa oleh komite yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang dengan pengawasan dari Kementerian Luar Negeri.

    ThailandThailand (UNPLASH)

     

    Nama kota terpanjang di dunia

    Secara harfiah, Krung Thep Maha Nakhon memiliki arti sebagai “kota besar para malaikat”. Namun, kebanyakan orang Thailand menyingkatnya menjadi Krung Thep dalam percakapan sehari-hari.

    Dikutip DailyExpress, Krung Thep Maha Nakhon merupakan versi pendek dari nama upacara seremonial ibu kota yakni “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet ahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya”.

    Nama upacara seremonial tersebut jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris memiliki makna “City of angles, great city of immortals, magnificent city of the nine gems, seat of the kings, city of royal palaces, home of god incarnate, erected by Vishvakarman at Indra’s behest.

    Orang-orang Thailand sendiri lebih suka menyebutnya secara singkat dengan “Krung Thep”.

    Menurut Guinnes World Records, nama Thailand untuk Bangkok itu adalah nama tempat terpanjang di dunia yang pernah ada.

    Editor Team

    COMMENT