Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 29 2022

    Hacker Bjorka Muncul Lagi dengan Bocorkan Data Kepala BSSN yang Punya Mobil Mewah

    Jiaahhh….

    Profil foto Bjorka (TWITTER)


    Hacker anonim Bjorka kembali beraksi. Kali ini, ia membocorkan sejumlah data pribadi dari Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian. 

    Data tersebut pun diunggah dalam dokumen yang berjudul ‘National Cyber And Crypto Agency of Indonesia’ pada Kamis (29/09/2022). “Saya dengar seseorang menghasilkan sedikit uang karena saya?” tulis Bjorka pada laman Breach. 

    hackerIlustrasi Hacker (UNSPLASH)

      

    Lewat unggahan terbarunya di akun Telegram dan forum Breach, ia menyingkap dua koleksi kendaraan kepada BSSN tersebut. Hal itu termasuk plat nomor sebuah sepeda motor (Kawasaki) dan mobil (Toyota Camry) yang kerap digunakan Hinsa. 

    Anehnya, data yang diungkap oleh hacker tersebut berbeda dengan laporan pemerintah yang tercatat pada 2021 lalu. Pada data tersebut, Hinsa disebut memiliki harta lebih dari Rp 7,8 miliar. 

    Pada data tersebut, ia disebut memiliki dua kendaraan mobil dengan merek Toyota Alphard dan Suzuki Ignis dengan taksiran harga hingga Rp 860 juta. 

    Selain data kendaraan, Bjorka pun turut membuka data pribadi Hinsa, mulai dari nama, nomor telepon, NIK, nomor Kartu Keluarga, alamat, tempat tanggal lahir, agama, status vaksin, hingga pendidikan. 

    “Mari kita tanya orang tua ini menggunakan uang untuk apa saja,” tulis Bjorka pada unggahan tersebut. Pernyataan itu merujuk pada data anggaran Hinsa tiga bulan terakhir. 

    Sebelumnya, peretas Bjorka memang ramai dibahas di media sosial. Hal itu dikarenakan hacker Bjorka merupakan sosok dibalik bocornya data 1,3 miliar data SIM Card Indonesia. Ia juga diduga telah meretas data pelanggan Indihome, KPU RI, sejumlah dokumen surat menyurat Presiden Jokowi, hingga sejumlah informasi pribadi pejabat negara. 

    Bersama Kominfo, BSSN membentuk tim khusus untuk menahan serangan hacker tersebut. DPR pun telah menyetujui anggaran sebesar Rp 624 miliar untuk melindungi jagat siber Indonesia dan menahannya dari serangan siber, seperti hacker Bjorka. 

    Editor Team

    COMMENT