Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 25 2021

    Hati-hati, Jangan Abaikan Gejala Baru Covid-19

    Kawula Muda, varian baru Covid-19 juga menimbulkan gejala baru loh

    Ilustrasi Covid-19. (PEXELS)

    Indonesia kembali dihebohkan dengan varian baru Covid-19, yakni varian Delta. Pasalnya, varian ini ditemukan pertama kali di India, dan merupakan varian yang lebih berbahaya dari varian Alfa maupun Beta. 

    Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa varian Delta ini bisa menular hanya dengan bernapas saja.

    Maka dari itu, perlu untuk kita mengetahui gejala-gejala baru apa saja yang ada pada penderita Covid-19, mengingat varian yang ditemukan pun semakin banyak.

    Dilansir dari detikHealth, berikut 5 gejala baru yang mulai banyak dirasakan oleh pasien Covid-19:

    1. Sakit kepala

    Ahli epidemiologi dari King's College, sekaligus salah satu pendiri studi soal gejala COVID ZOE, Profesor Tim Spector menjelaskan bahwa gejala teratas dari Covid-19 ialah sakit kepala. Gejala tersebut rupanya dialami oleh 60 persen pasien positif Covid-19.

    2. Masalah pencernaan

    Sebuah studi mengatakan bahwa terinfeksi Covid-19 bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Salah duanya yaitu diare dan muntah-muntah.

    3. Nyeri otot

    Infeksi Covid-19 tentunya akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Tak heran jika hal ini bisa membuat otot terasa nyeri. Gejala ini pun masih bisa dirasakan meskipun kamu sudah sembuh dari Covid-19.

    4. Ruam kulit

    dewi perssikRuam kulit yang muncul pada Dewi Perssik. (INSTAGRAM/DEWIPERSSIKREAL)

     

    Ingat dengan gejala ruam kulit yang dirasakan Dewi Perssik beberapa waktu yang lalu? Ruam kulit memang jarang terjadi pada pasien Covid-19. Meskipun begitu dokter kulit dari DNI Skin Centre, Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV, mengungkapkan bahwa gejala ini bersifat ringan dan tidak berisiko fatal. 

    "Kemungkinan muncul ruam pada pasien Covid-19 itu bervariasi risikonya sekitar 0,2-20 persen," tambah dr Darma.

    5. Letih

    Rasa keletihan diketahui merupakan gejala baru pada pasien positif Covid-19. dr Amesh Adjal dari Johns Hopkins Center for Health Security mengatakan bahwa kita harus memastikan kira-kira apa yang menyebabkan kita merasa letih.

    Wajar bila kita merasa letih sehabis olahraga, melaksanakan ujian, maupun terlambat bangun. Jika kamu tiba-tiba merasa letih tanpa ada penyebabnya, bisa jadi itu adalah gejala Covid-19.

    Selain itu, ada juga gejala-gejala yang umum terjadi pada pasien positif Covid-19, misalnya pilek, sakit tenggorokan, bersin, batuk, kehilangan indra penciuman/perasa (anosmia), dan sesak napas.

    Itu dia gejala-gejala yang ada pada Covid-19. Jangan lupa untuk segera lakukan tes usap PCR jika merasa terpapar Covid-19, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT