Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 29 2022

    Jokowi akan Kunjungi Ukraina dan Rusia Membawa Misi Damai

    Kunjungannya di negara masing-masing, Kawula Muda!

    Presiden Joko Widodo. (Dok. BIRO PERS)


    Presiden Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo menemui presiden Rusia dan Ukraina.

    Sebelumnya, ia diketahui menemui Presiden Volodymyr Zelensky di Kiev hari ini, Rabu (29/06/2022). Kemudian, ia juga berencana bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moscow pada 30 Juni mendatang. 

    Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pun menyebut maksud dari kunjungan tersebut adalah sebagai upaya perdamaian. Sayangnya, sejumlah pihak meragukan keefektifan pertemuan tersebut mengingat posisi Indonesia yang masih lemah. 

    Selain merupakan upaya damai, pertemuan tersebut juga diprediksi membahas mengenai pasokan pangan dan G20. 

    "Dua-duanya (ketahanan pangan dan G20). (Jokowi) membangun komunikasi dengan Presiden Putin agar bisa membantu Presiden Ukraina mengatasi permasalahan Ukraina sekaligus mengimbau untuk membuka blokade agar dunia tidak mengalami krisis pangan," jelas Suzie Sudarman, pengamat hubungan internasional dari Universitas Indonesia mengutip CNNindonesia ketika ditanyakan terkait tujuan pertemuan tersebut. 

    Adapun pertemuan dengan kedua negara tersebut merupakan agenda setelah Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Jerman yang berlangsung pada 26 hingga 28 Juni kemarin. 

    Pada pertemuan tersebut, hal yang dibahas adalah isu energi, perubahan iklim, pasokan pangan global, hingga dampak perang di dunia berkembang. 

    Sebelumnya, G20 sempat heboh kala Indonesia memutuskan untuk tetap mengundang Rusia menghadiri forum G20.

    Akibatnya, sejumlah negara barat seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada mengancam forum tersebut.

    Editor Team

    COMMENT