Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jan 17 2023

    KAI Berikan Diskon hingga 50% untuk Lansia, TNI/Polri sampai Wartawan

    Mau jalan-jalan kemana nih, Kawula Muda?

    Ilustrasi kereta api yang mendekati stasiun (UNSPLASH/FACHRY HADID)


    Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan berbagai tawaran diskon mulai 2023. Tawaran tersebut pun terbagi menjadi tiga jenis, yakni tarif reduksi, tarif khusus, dan tarif subkelas. 

    Pada tarif reduksi, hanya beberapa kalangan dan golongan tertentu saja yang bisa mendapat potongan harga, Kawula Muda! Adapun potongan tersebut dapat mencapai 50%.

    Sementara itu, pada tarif subkelas dan tarif khusus, diskon diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan loyal kereta api. 

    Mengutip laman resmi KAI, berikut penjelasan ketiga jenis potongan harga tersebut! 

    Tarif Reduksi

    PT KAIPT Kereta Api Indonesia (KAI). (TWITTER/KAI)

     

    Program ini memungkinkan potongan harga tiket kereta bagi beberapa golongan pengguna kereta api. 

    “Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus.

    Berikut beberapa golongan yang dapat menggunakan layanan ini, Kawula Muda! 

    1. Lansia

    Diskon sebesar 20% untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dengan ketentuan pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

    2. Legiun Veteran RI

    a. Diskon sebesar 50% untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa sampai Kamis. Tidak berlaku untuk hari besar/hari libur nasional dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

    b. Diskon sebesar 30% untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Jumat sampai Senin. Turut berlaku pada hari besar/hari libur nasional dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

    3. TNI dan Polri

    Diskon sebesar 25% untuk KA Komersial kelas eksekutif dan 50% untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis. Diberikan kepada anggota TNI/Polri yang aktif termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri. Diskon ini tidak termasuk keluarganya serta PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

    4. Wartawan

    Diskon sebesar 20% untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan ketentuan menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

    5. Civitas Akademik

    Diskon sebesar 10% untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

    Tarif Khusus

    KeretaIlustrasi kereta api (UNSPLASH/FACHRY HADID)

     

    Tarif khusus merupakan harga tiket yang lebih murah untuk rute dan kereta api jenis tertentu. Tiket tersebut dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access ataupun loket stasiun maksimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan. 

    Potongan harga jenis ini hanya tersedia pada rute berikut, Kawula Muda! 

    1. Gambir – Cirebon

    2. Bandung – Tasikmalaya

    3. Bandung – Banjar

    4. Cirebon - Purwokerto

    5. Semarang Tawang/Semarang Poncol – Tegal

    6. Purwokerto – Yogyakarta/Lempuyangan/Solo Balapan

    7. Madiun – Malang

    8. Surabaya Gubeng – Jember

    9. Lainnya. 

    Tarif Subkelas

    Kereta KAIKereta ekonomi (KOMPAS)

      

    Berbeda dengan tarif khusus, tarif subkelas menyediakan harga yang lebih terjangkau ketika pelanggan memesan tiket jauh-jauh hari. 

    Pada saat pemesanan, calon pelanggan akan melihat kode subkelas pada tiket yang diinginkan. Nantinya, akan terdapat beberapa alternatif tarif yang dapat dipilih. 

    Perbedaan antar kode subkelas adalah hanya pada tarif yang ditawarkan. Tidak akan ada perbedaan fasilitas atau tempat duduk yang nantinya didapatkan pelanggan selama dalam perjalanan walau harga tiket berbeda. 

    “Penyediaan alternatif tarif tersebut adalah bentuk apresiasi KAI bagi pelanggan yang memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga dapat memilih tarif yang diinginkan,” tambah Joni.

    Editor Team

    COMMENT