Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 16 2022

    Keren! Astronot China Sukses Tanam Padi di Luar Angkasa

    Hai Kawula Muda, gimana ya rasanya menanam padi di luar angkasa?

    Astronot China berhasil tanam padi di luar angkasa. (TANGKAPAN LAYAR)


    Sebuah berita yang cukup menggembirakan datang dari China. Padi yang biasanya ditanam di bumi dikabarkan dapat tumbuh di luar angkasa, yakni di laboratorium luar angkasa China Wentian yang baru diluncurkan.

    Wentian sendiri diluncurkan pada Juli lalu dan bergabung dengan modul Tianhe, modul inti Stasiun Luar Angkasa baru China Tiangong.

    Para astronot China membawa delapan percobaan yang akan dilakukan di gaya berat mikro, termasuk eksperimen menanam padi di laboratorium luar angkasa Wentian.

    Dikutip dari Phys pada Rabu (7/9/2022), batang padi yang ada di laboratorium Wentian belum menyelesaikan seluruh siklus pematangannya sejak percobaan dimulai pada Juli lalu tersebut.

    Akan tetapi padi-padi di stasiun luar angkasa tersebut tampaknya berada di jalur yang tepat dalam hal pertumbuhannya.

    PADI CHINAAstronot China berhasil tanam padi di luar angkasa. (GLOBALTIMES.CN)

     

    Telah tumbuh 30 cm

    Peneliti Center of Excellence for Molecular Plant Science, Chinese Academy of Sciences, Zheng Huiqiong mengatakan, benih padi varietas tinggi tumbuh hingga ketinggian 30 sentimeter sejak percobaan dilakukan pada 29 Juli 2022.

    Ia mengatakan, benih padi varietas pendek tumbuh sekitar lima sentimeter.

    "Para astronot yang terlibat akan terus memantau lokasi tanaman itu. Jika percobaan berhasil, mereka akan mengumpulkan benih baru yang dihasilkan dan membawanya kembali ke bumi untuk dipelajari lebih lanjut, ”ujar Zheng Huiqiong.

    Keberhasilan para peneliti ini diharapkan menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan teknik menanam dari biji ke biji. Dalam arti lain, tanaman padi yang ditanam di Stasiun Luar Angkasa Tiangong itu bisa menghasilkan biji hingga akhirnya dipanen.

    “Diharapkan percobaan ini akan menjadi yang pertama di dunia untuk mencapai budidaya padi 'dari biji ke biji' di bawah gayaberat mikro di ruang angkasa ,” imbuh Zheng Huiqiong.

    Keberhasilan menanam benih padi di stasiun luar angkasa Tiangong oleh para astronot China ini akan berkontribusi pada eksplorasi untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam misi luar angkasa jangka panjang.

    Huiqiong menambahkan, jika mereka ingin mendarat dan menjelajahi planet Mars, pasokan makanan yang dibawa dari bumi tidak akan cukup bagi para astronot untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan misi di luar angkasa.

    "Untuk itu, kita perlu menemukan sumber makanan yang berkelanjutan untuk eksplorasi ruang angkasa jangka panjang," pungkasnya.

    Wah, semoga percobaannya makin memberi manfaat baik bagi kehidupan kita semua di alam semesta ini ya, Kawula Muda.

    Editor Team

    COMMENT