Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 05 2022

    Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Ditempuh dalam 30 Menit dengan Harga Terjangkau!

    Jadi gampang kalau mau ke Bandung ataupun Jakarta ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi kereta cepat (DOK PT.KCIC)


    Rangkaian Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) secara resmi mulai dikirim dari China ke Indonesia. Adapun kereta cepat tersebut nantinya akan menghubungkan Jakarta dengan Bandung. 

    Presiden Direktur KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan bahwa kereta cepat tersebut berpotensi mengangkut hingga 30.000 penumpang harian. Atas perhitungan tersebut, diperkirakan harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung akan berkisar Rp 250.000 hingga Rp 350.000 per orangnya. 

    Kereta CepatIlustrasi kereta cepat (DOK PT.KCIC)

     

    “Nantinya akan ada tiga kelas, sedangkan untuk tarifnya itu berkisar Rp 150.000 - Rp 350.000,” ungkap Dwiyana mengutip Kompas pada Jumat (05/08/2022). 

    Namun, untuk tarif resmi tiket masih dikaji dari berbagai aspek. Selain itu, kereta cepat ini punya kecepatan maksimal yang dapat ditempuh 350km per jam yang mana jika dihitung dari jarak Jakarta-Bandung bisa ditempuh hanya dalam 35-45 menit saja loh, Kawula Muda!

    Dengan kisaran tarif tersebut, diperkirakan kereta cepat tersebut akan mencapai balik modal setelah 40 tahun. Karena itulah, perusahaan juga tengah mencari potensi pendapatan lainnya agar mempercepat titik balik modal tersebut. 

    Sekitar 11 kereta Electric Multiple Unit (EMUI) dan 1 kereta inspeksi Comprehensive Inspection Train (CIT) telah selesai diproduksi di China. Setelah itu, ke-12 kereta tersebut pun menjalani Static Test dan Dynamic Test sebelum dikirim ke Indonesia. 

    Pengawalan pengiriman kereta pun dilakukan dengan ketat, termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok serta Stasiun Tegalluar.

    “Agar tidak terjadi kendala-kendala yang tidak diinginkan. Karena memang menghadapi medan yang cukup sulit, melewati jalan darat atau jalan tol,” tutur Dwiyana. 

    Ia pun menambahkan bahwa pengiriman kereta tersebut menjadi salah satu hadiah spesial bagi Indonesia pada Hari Kemerdekaan ke-77 yang dirayakan tahun ini! 

    Editor Team

    COMMENT