Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 30 2022

    Marak Terjadi di Kereta, KAI Adakan Kampanye untuk Lawan Pelecehan Seksual

    Semoga efektif untuk memerangi ketidaksadaran akan pelecehan seksual ya, Kawula Muda!

    Kampanye antikekerasan seksual yang diselenggarakan oleh PT KAI (TWITTER/KERETAAPIKITA)


    PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daop 1 Jakarta, tengah gencar mendorong kesadaran anti pelecehan seksual.

    Menggandeng Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, mereka menggelar kampanye serentak di sejumlah peron maupun stasiun. 

    “Kampanye ini mengajak masyarakat agar saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan saat menggunakan layanan jasa KAI sehingga dapat terwujud transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan,” tutur Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya pada Rabu (29/06/2022). 

    Selain meningkatkan kesadaran, kegiatan sosialisasi tersebut turut mengajak masyarakat untuk bertindak secara nyata. Diharapkan, masyarakat dapat segera menghentikan dan melaporkan apabila melihat tindakan pelecehan seksual tersebut.

    “Masyarakat di stasiun juga diajak untuk menandatangani petisi anti pelecehan seksual di transportasi publik, khususnya di stasiun dan kereta api,” tambahnya.

    Adapun imbauan tersebut disampaikan lewat berbagai media. Sebut saja pengeras suara, spanduk, poster, pamflet, hingga stiker. 

    Sebelumnya, KAI menyatakan telah melakukan 25 kali kegiatan sosialisasi anti tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di stasiun-stasiun selam periode 2021 hingga Juni 2022. 

    “KAI akan terus melakukan sosialisasi lebih lanjut agar semakin banyak masyarakat yang teredukasi terkait menjaga kesopanan di transportasi kereta api,” tutur Eva. 

    Lebih lanjut, diharapkan kampanye tersebut dapat secara efektif membuat ruang aman untuk para perempuan. “Diharapkan tindakan pelecehan seksual di transportasi publik tidak terjadi lagi dan masyarakat dapat menikmati perjalanan, khususnya menggunakan moda kereta api, dengan nyaman dan menyenangkan baik saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh,” tutupnya. 

    Editor Team

    COMMENT