Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Dec 02 2022

    Kompilasi Berita Heboh Minggu Ini: Indonesia Pengguna MiChat Terbanyak sampai Sampah Relawan Jokowi

    Kawula Muda, bukan Piala Dunia saja yang ramai diperbincangkan!

    Kompilasi berita minggu ini, sundulan Ronaldo yang menghebohkan hingga sampah relawan Jokowi capai 31 ton (MICHAT, REUTERS, JKTINFO, UNSPLASH)


    Kawula Muda, sudah siap dengan kompilasi berita minggu ini? Minggu ini, Warganet diramaikan oleh fakta bahwa Indonesia menempati urutan teratas pengguna aplikasi MiChat. Pasalnya aplikasi tersebut memiliki konotasi yang negatif mengingat aplikasi tersebut menjadi tempat transaksi prostitusi daring.

    Tidak hanya itu, ramai perbincangan soal sertifikasi halal bagi minuman Soju 'halal' di Indonesia dan timbunan sampah usai acara Relawan Jokowi di GBK yang menjadi trending topic di media sosial.

    Belum lagi gelaran Piala Dunia 2022 yang tengah memasuki babak penyisihan grup, semakin seru dan tidak boleh dilewatkan. 

    Kawula Muda, simak kompilasi berita minggu ini yang sudah dirangkum oleh Tim Editorial Prambors di bawah ini!

    1. Indonesia Negara Pengguna MiChat Terbanyak di Dunia

    Kawula Muda, siapa yang enggak kenal dengan MiChat? Aplikasi berlogo hijau ini diketahui memang populer di Indonesia. MiChat sendiri merupakan media sosial asal Singapura yang kerap menjadi sorotan di Indonesia. 

    Faktanya, aplikasi tersebut tidak hanya digunakan sebagai platform percakapan, Kawula Muda. Di Indonesia sendiri, aplikasi ini dinilai memiliki konotasi yang negatif karena beberapa kali kerap disalahgunakan sebagai media prostitusi online. Hal ini terbukti dengan banyaknya ditemukan kasus yang dibongkar oleh pihak kepolisian, bahwa para pengguna menggunakan aplikasi tersebut sebagai penghubung antara pelaku dan pelanggan.

    Melansir Data Indonesia, Indonesia menjadi negara dengan pengguna MiChat terbesar di dunia. Hingga 22 November 2022, 83,73% pengguna MiChat berasal dari dalam negeri. Data tersebut menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan dengan negara-negara lainnya. Bahkan, posisi kedua yang diraih Prancis total penggunanya hanya 5,96% saja. 

    michatData menunjukkan, Indonesia merupakan negara dengan pengguna MiChat paling banyak di dunia (SIMILIARWEB)

    "Negara mana yang paling banyak mengirim lalu lintas ke michat.sg akhir-akhir ini? Dari mana audiens inti mereka berasal? Bulan lalu Indonesia adalah negara teratas yang mengirimkan lalu lintas desktop ke michat.sg," melansir Similar Web, Senin (28/11/2022).

    Hal tersebut dinilai sebagai sebuah kekhawatiran, Kawula Muda. Tidak hanya karena aplikasi MiChat sering disalahgunakan, hal tersebut juga didukung dengan fakta bahwa pengguna terbanyak aplikasi ini adalah pria dengan total 63,42 persen di rentang usia pengguna 18 hingga 24 tahun.

    2. Ramai Soju ‘Halal’ bisa dapat Sertifikasi dari MUI

    Ilustrasi SojuIlustrasi Soju, Minuman Beralkohol yang Populer Akibat Drama Korea (UNSPLASH)

     

    Minuman beralkohol Soju memang populer di Indonesia. Minuman alkohol hasil fermentasi asal Korea ini memang cukup populer, Kawula Muda. Ditambah lagi, budaya Korea yang cukup digandrungi di Indonesia.

    Faktanya, banyak masyarakat Indonesia yang memproduksi Soju ‘halal’ agar banyak orang dapat mengonsumsinya.

    Diketahui, Soju halal merupakan campuran dari air berkarbonasi, gula cair, benzoat, asam sitrat serta perisa. Soju yang berasal dari Korea sendiri memang memiliki berbagai macam rasa, sehingga konsumen soju versi ‘halal’ juga dapat ikut memilih rasa yang diinginkan.

    Baru-baru ini, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengatakan bahwa Soju non alkohol bisa saja mendapat sertifikasi halal, jika para penjual mengganti nama dengan tidak membawa kata ‘Soju’.

    Alasannya, kata 'Soju' sendiri mengacu pada minuman keras. Asosiasi kata ini yang tidak diperbolehkan, mengingat syarat untuk memperoleh sertifikat makanan dan minuman halal adalah tidak mengandung unsur yang dilarang.

    "Karena di situ ada paradoks, yang satu halal yang satu haram. Sehingga masyarakat nanti akan bingung ya ini kok barang haram jadi halal, kok apa namanya kok khamar atau alkohol jadi halal," jelas Anwar, mengutip Kumparan Senin (28/11/2022).

    3. Pesta Relawan Jokowi Hasilkan Sampah 31 Ton di Area GBK

    Sabtu, (26/11/2022) relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

    Diketahui, Presiden Jokowi hadir langsung dalam acara ini, Kawula Muda. Acara ini berisikan pidato yang memaparkan sejumlah pencapaian Jokowi selama memerintah, terutama di bidang infrastruktur.


    Faktanya, acara yang dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan tersebut selain menyebabkan kemacetan juga menyisakan gunungan sampah yang memprihatinkan. 

    Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta sendiri berhasil mengumpulkan 31 ton sampah setelah mengerahkan 500 personel pasukan oranye untuk membersihkan dan mengangkut sampah-sampah tersebut.

    Total 31 ton sampah yang dikumpulkan oleh pasukan oranye tersebut di antaranya dipenuhi oleh sampah plastik dari botol kemasan air minum. 

    Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya akan terus memantau setiap kegiatan yang bersifat massal di DKI Jakarta. 

    "Ini kita lakukan untuk memastikan lingkungan Jakarta agar selalu bersih, sehingga masyarakat lebih nyaman dalam berkegiatan. Sukses Jakarta untuk Indonesia," ucap Asep, mengutip Tempo Senin, (28/11/2022).

    4. Ronaldo Ngaku-ngaku Cetak Gol dari Umpan Bruno 

    Cristiano Ronaldo dkk. memenangkan pertandingan melawan Uruguay pada Selasa (29/11/2022) dini hari WIB dengan skor 2-0 yang mana salah satu golnya sempat dikira hasil dari sundulan kepala Ronaldo ke gawang Sergio Rochet.

    Gol pembuka yang terjadi di menit 54 ini, ketika Bruno Fernandes menendang umpan ke depan kotak penalti dan disambut dengan lompatan Ronaldo yang 'mengarahkan' bola masuk ke gawang. 

    Gol pertama berhasil tercetak sampai selebrasi Ronaldo jadi sorotan kamera yang saat itu beroperasi di lapangan. Nyatanya kepala Ronaldo tidak mengenai bola, Kawula Muda. 

    Sundulan Ronaldo ke gawang UruguaySundulan Ronaldo ke gawang Uruguay (Twitter/Goal)

     

    Layar kaca sempat menuliskan gol tersebut milik Ronaldo, namun announcer di stadion menyampaikan hal yang berbeda. Tayangan ulang pun mempertegas bahwa Ronaldo hanya mengecoh kiper lawan.

    Di samping itu, penonton menilai, andai saja Ronaldo enggak ada di sana dan membuat gaya seolah mencetak gol, tendangan dari Bruno mudah ditebak dan ditepis penjaga gawang. 

    Congrats untuk Bruno dan Ronaldo deh, ya.

    Editor Team

    COMMENT