Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 19 2021

    Menangi Tender Puluhan Triliun Rupiah dari NASA, SpaceX Elon Musk Kembangkan Starship

    Kawula Muda, hmm persaingan sesama orang terkaya di dunia nih.

    Istimewa

    Berhasil memenangi tender puluhan triliun rupiah dari NASA (National Aeronautics and Space Administration), perusahaan SpaceX milik Elon Musk akan mengembangkan Starship.

    Berdasarkan informasi dari The Independent, perusahaan SpaceX milik Elon Musk berhasil memenangi sebuah kontrak senilai 2,9 miliar dolar AS (Rp 42 triliun) dari NASA, dan mengalahkan perusahaan Blue Origin milik Jeff Bezos.

    SpaceX dikabarkan akan segera membuat pesawat luar angkasa yang diberi nama Starship, untuk mendukung misi NASA mendaratkan astronot di Bulan untuk kali pertama, setelah misi Apollo pada lima dekade terakhir.

    Mendaratkan kembali astronot di Bulan merupakan bagian dari program Artemis milik NASA, yang juga berencana mendaratkan orang kulit hitam dan perempuan untuk kali pertama.

    Program artemis milik NASA sejatinya sinkron dengan tujuan Elon Musk saat membangun SpaceX yang ingin mendaratkan manusia di Mars.

    Sejauh ini, pesawat luar angkasa Starship yang dibuat SpaceX sudah pernah diuji coba pada beberapa bulan terakhir di Texas.

    Seluruh prototipe Starship tak berawak yang diluncurkan dari Texas menuju Mars berhasil kembali lagi ke bumi, tetapi jatuh dalam ledakan yang menghebohkan di landasan peluncuran.

    Kendati demikian, SpaceX percaya bisa membangun kembali Starship yang baru, yang nantinya akan diuji coba lebih dulu dengan mendaratkan pesawat luar angkasa tanpa awak itu di bulan, sebelum akhirnya mendaratkan astronot sungguhan.

    Dilaporkan dari situs MTV, kemenangan SpaceX atas tender NASA itu disinyalir oleh salah seorang sumber karena penawaran perusahaan Elon Musk menjadi yang paling rendah di antara penawaran lainnya.

    Selain itu, kemenangan perusahaan milik Elon Musk ini juga menjadi pukulan telak untuk Jeff Bezos dan Blue Origin, yang sudah lama mengumumkan ketertarikannya tentang luar angkasa.

    Editor Team

    COMMENT