Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    May 04 2022

    Negara-Negara yang Juga Punya Tradisi Mudik Lebaran Seperti Indonesia

    Hai Kawula Muda, mudik nggak cuma ada di Indonesia lho!

    Ilulstrasi macet saat mudik. (UNSPLASH)

    Mudik bagi masyarakat Indonesia sudah merupakan tradisi tahunan yang dilakukan sebelum Idul Fitri atau lebaran tiba.

    Mudik adalah sebutan bagi orang perantauan yang pulang ke kampung halamannya untuk bisa berlebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman.

    Ternyata, tidak hanya Indonesia yang memiliki tradisi mudik lebaran. Berikut beberapa negara yang juga memiliki tradisi pulang ke kampung halaman tersebut.

    1. Malaysia

    Tradisi mudik lebaran juga dilakukan oleh masyarakat muslim di Malaysia. Mereka menyebutnya ‘balik kampung’ atau ‘keluaran liburan’ yang maknanya adalah pulang ke kampung halaman. Keramaian arus mudik di Malaysia tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

    2. Bangladesh

    Bangladesh dengan jumlah muslim terbesar ke-4 di dunia juga turut merayakan tradisi mudik. Bahkan Jalan raya di Bangladesh sudah akan mulai macet dua minggu sebelum Idul Fitri. Pada Idul Fitri tahun 2021 lalu, sekitar 10 juta dari 20 juta penduduk Dhaka mudik ke kampung halaman, padahal saat itu pembatasan Covid-19 masih berlaku.

    MUDIKSuasana mudik di India. (SHUTTERSTOCK)

      

    3. India

    Meskipun muslim di India tergolong minoritas, tetapi perayaan Idul Fitri di negara ini cukup meriah, termasuk tradisi mudiknya.

    Bahkan pemandangan mudik di India lebih heboh dibandingkan Indonesia. Transportasi umum seperti kereta api akan penuh sesak hingga banyak warga yang bergelantungan di pintu, jendela, hingga atap kereta.

    4. China

    Dari jumlah penduduk China yang saat ini mencapai 1,4 miliar jiwa, sekitar 18 juta penduduknya memeluk agama Islam. Kebanyakan muslim China tinggal di Xinjiang dan Yunnan. Dan di kedua kota ini lebaran selalu dirayakan dengan meriah.

    Tetapi arus mudik lebaran di China tidak sepadat arus mudik saat Imlek yang biasa dikenal dengan nama Chunyun. Bahkan tradisi mudik Imlek bisa jadi merupakan mudik terbesar di dunia.

    5. Turki

    Turki merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di Eropa. Di turki, budaya mudik juga menjadi rutinitas wajib yang dilakukan menjelang Idul Fitri.

    Lalu lintas di jalan-jalan utama terutama di Istanbul dan kota-kota besar lainnya di Turki yang berisi populasi migran akan mulai padat seminggu sebelum lebaran. Di Turki, Idul Fitri dikenal dengan istilah Şeker Bayramı atau festival tiga hari setelah Ramadan.

    Editor Team

    COMMENT