Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 14 2021

    Orangutan Tertua di Dunia Tutup Usia

    Kawula Muda, semoga populasi orangutan lainnya tetap bertahan dan sehat selalu yah

    Orangutan Tertua di Dunia. (INSTAGRAM/@oregonzoo)

    Orangutan tertua di dunia bernama Inji meninggal dunia di usia ke-61 tahun. Inji adalah orangutan betina Sumatara yang tinggal di Kebun Binatang Oregon, Amerika Serikat. 

    Kabarnya, Inji sudah menjadi penghuni kebun binatang di Oregon sejak 1961. Pertama kalinya, Inji ditemukan saat ia berusia sekitar 1 tahun. Dalam keterangan resmi pihak kebun binatang, Inji tiba di Amerika Serikat melalui perdagangan hewan liar ilegal. 

    Inji dikenal sebagai hewan yang aktif dan sering menghabiskan waktu untuk berinteraksi bersama pengunjung melalui jendela di tempat tinggalnya. Dia diyakini memiliki kemampuan interaksi yang baik dengan lingkungan sekitarnya. 

    Sering kali, para staf dan pengunjung membawa barang berwarna-warni untuk menghibur dan berinteraksi dengan Inji. Menurut Bob Lee, pengawas kesejahteraan hewan di Kebun Binatang Oregon, Inji seperti mempelajari kegiatan manusia dan menikmati kehadiran mereka terutama pada anak-anak. 

    Dengan tingkat interaksi yang tinggi dengan pengunjung dan mendapatkan perawatan yang baik di kebun binatang, Inji berhasil melampaui usia rata-rata orangutan pada umumnya. Menurut National Geographic, rata-rata usia hidup orangutan hanya 30-40 tahun. 

    Kematian Inji membawa duka untuk perawat kebun binatang hingga para pengunjung yang pernah berinteraksi dengannya. Kejadian pilu ini menarik perhatian publik setelah melihat unggahan @oregonzoo di Instagram. 

    “Kami tahu dia tidak bisa hidup selamanya, tapi ini sangat menyakitkan. Saya tahu akan banyak pengunjung yang berduka bersama kami,” ujar Bob Lee. 

    Meninggalnya Inji diyakini karena faktor usia yang sudah terlampau tua. Sebelum kepergiannya, Inji mulai terlihat bergerak dengan kaku dan tidak menyentuh makanan kesukakaannya.

    Melihat keadaannya yang memburuk dan berhenti merespons obat penghilang rasa sakit, para staf akhirnya memutuskan untuk menidurkannya secara manusiawi pada 9 Januari 2021. 

    Inji memiliki seorang putri bernama Markisa yang telah berusia 33 tahun dan tinggal di Como Park Zoo and Conservatory di Minesota. Markisa merupakan anak Inji bersama Harry. 

    Editor Team

    COMMENT