Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    May 11 2021

    Pemerintah Korea Selatan Tunjuk LOONA sebagai Duta Budaya Global 2021

    Kawula Muda, mereka menjadi grup perempuan pertama yang menerima peran bergengsi ini.

    LOONA, girlgroup K-Pop yang terkenal di Amerika dengan lagu berjudul "Star". (INSTAGRAM/LOONA)

    Di tengah kabar comeback mereka pada tahun ini, LOONA memberikan kabar bahagia lainnya. Tahun ini, LOONA telah secara resmi ditunjuk oleh pemerintah Korea Selatan sebagai duta baru untuk mempromosikan budaya Korea di luar negeri pada 2021.

    Setiap tahun, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan memilih grup K-Pop baru untuk menjadi duta besar bagi negara tersebut. Tahun ini, pemerintah memilih LOONA sebagai duta budaya global 2021 dalam sebuah upacara yang diadakan di Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer, Seoul.

    Dengan prestasi barunya ini LOONA harus menjalani peran penting duta kehormatan. Sebagai duta, mereka harus melakukan promosi terkait budaya Korea di seluruh dunia melalui berbagai konten foto dan video.

    Sebagai bagian dari tugas, LOONA dijadwalkan tampil pada upacara peresmian “2021 Foreign Experts on the Promotion of Korea” yang rencananya digelar pada 20 Mei 2021. Ke-12 member LOONA, kecuali Haesul yang harus hiatus karena masalah kesehatan, juga akan langsung menjalankan tugas mereka sebagai duta budaya.

    Bekerja sama dengan KOCIS (Korean Culture and Information Service), yaitu layanan informasi dan kebudayaan Korea, LOONA akan muncul dalam rangkaian video klip baru untuk kompetisi konten internasional berjudul Talk Talk Korea pada akhir bulan ini.

    Video pertama rencananya akan dirilis pada 20 Mei 2021, sedangkan video kedua bakal dirilis pada 25 Mei 2021 melalui kanal YouTube KOCIS.

    “Kami percaya bahwa LOONA, yang telah menarik perhatian seluruh dunia, akan memiliki pengaruh besar dalam promosi konten budaya Korea di luar negeri,” tutur Menteri Kebudayaan Korea, Hwang Hee seperti yang dikutip dari Soompi.

    Mereka juga menambahkan bahwa penunjukan LOONA juga bertepatan dengan peringatan 50 tahun KOCIS.

    “Kami berharap orang-orang di seluruh dunia akan bersatu melalui Hallyu dan budaya Korea dan hati lelah kami dari COVID-19 dapat disembuhkan melalui kenikmatan budaya Korea,” ujar pihak pemerintah.

    LOONALOONA, girlgroup asal Korea Selatan. (SOOMPI)

     

    Terpilihnya LOONA sebagai duta global Korea Selatan untuk 2021 menjadikan mereka sebagai grup perempuan pertama yang dipilih untuk peran bergengsi ini. Tahun sebelumnya, sejumlah grup K-Pop pernah menjalani tugas yang sama.

    Mereka adalah ATEEZ (2020) dan Stray Kids yang ditunjuk menjadi duta global pada 2019. Sebelumnya ada pula nama WINNER, EXO-CBX, BTS, dan CNBLUE.

    LOONA merupakan girlgroup yang dibentuk oleh Blockberry Creative. Grup ini terdiri dari 12 anggota yaitu Vivi, Yves, JinSoul, HaSeul, Kim Lip, Chuu, HeeJin, HyunJin, Go Won, Choerry, Olivia Hye, dan YeoJin.

    LOONA memulai proyek pra-debut pada Oktober 2016 dan melakukan debut resmi pada Agustus 2018. Grup ini memiliki tiga sub unit yaitu Loona 1/3, Loona Odd Eye Circle, dan Loona yyxy. Pada November 2020, LOONA berhasil masuk Billboard 200 dengan mini album ketiga mereka yang berjudul “12:00”.

    Editor Team

    COMMENT