Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 26 2021

    Pengendara Mobil Porsche yang Viral Karena Terobos Jalur Busway Kini Sudah Diamankan Polisi

    Haduh, jangan ditiru ya Kawula Muda, selain melanggar lalu lintas hal ini juga membahayakan keselamatan diri sendiri loh!

    iNews.id/Carlos Roy Fajarta

    Jumat (23/04/21) seorang perempuan pengendara mobil mewah, Porsche 718 Boxster menjadi sorotan akibat aksinya menerobos jalur Transjakarta di daerah Gandaria, Jakarta Selatan. Tidak hanya menerobos jalur Transjakarta dan menghalangi jalan bus Transjakarta, pengendara tersebut bahkan juga memerintahkan supir Transjakarta untuk memundurkan busnya. 

    Hal ini tentu saja memancing kemarahan masyarakat hingga foto dan video aksi perempuan tersebut viral di sosial media. 

    Warganet banyak yang menyayangkan perilaku pengendara mobil Porsche tersebut karena sudah bertindak sewenang-wenang dan menimbulkan keresahan di jalan raya. Akibat hal ini, tidak sampai 24 jam pengendara tersebut sudah diamankan oleh polisi. 

    Dilansir dari Tempo.co, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengungkapkan bahwa pengendara dan kendaraannya telah diamankan pada Sabtu (24/04/21) sore dan akan ditindaklanjuti mengikuti proses hukum yang berlaku. 

    Akibat menerobos jalur Busway, pengemudi Porsche dengan plat B 2204 MA tersebut bisa dikenakan ancaman hukuman pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak sebesar Rp 500 ribu, mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Kasus pelanggaran lalu lintas dengan diterobosnya jalur Transjakarta bukan baru kali ini saja terjadi. Banyak kendaraan pribadi yang melihat jalur kosong Transjakarta sebagai jalan pintas yang bisa membebaskan mereka dari kemacetan Jakarta. Namun hal ini tentu saja bukan pilihan yang bijak karena bisa sangat membahayakan. Jalur Transjakarta hanya dikhususkan untuk bus Transjakarta. Pencegahan yang bisa dilakukan supaya kendaraan pribadi tidak memasuki jalur ini ialah dengan pemberlakuan buka-tutup jalan oleh petugas, namun tetap saja masih banyak yang melanggar ketentuan jalur ini. Untuk itu, saat ini Dinas Perhubungan sudah mencoba menerapkan segala bentuk mitigasi pelanggaran lalu lintas di jalur Transjakarta, salah satunya dengan pemantauan berkala dan pemberlakuan tilang elektronik lewat CCTV yang terpasang tersembunyi. 

    Editor Team

    COMMENT