Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 12 2022

    PNS Diusulkan "WFA" Alias Kerja dari Mana Saja

    Kalo dari pengalaman WFH, menurut lo bakal efektif gak, Kawula Muda?

    Ilustrasi seseorang yang sedang work from anywhere (PEXELS/Peter Olexa)


    Badan Kepegawaian Negara (BPN) sebut pegawai negeri sipil (PNS) akan mengenal konsep kerja baru, yakni bekerja dari mana saja alias Work From Anywhere (WFA). 

    "Jadi mungkin konsepnya "Work from Anywhere", yang penting kinerja dan target tercapai," ujar Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama pada Rabu (11/5/2022) dikutip dari  CNBC Indonesia. 

    work from anywhereIlustrasi seseorang yang sedang bekerja di cafe (UNSPLASH/Brooke Cagle)

     

    Berbeda dengan konsep work from home (WFH), WFA seakan membuka kemungkinan seseorang untuk bekerja di cafe, mal, hingga pinggir pantai. Walau begitu hanya pegawai di posisi tertentu saja yang dapat melaksanakan WFA. 

    “Bagi unit kerja yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik, dan yang tugas dan fungsinya menuntut kehadiran di kantor, tetap WFO," tambahnya. Ia pun mencontohkan bagian petugas pemasyarakatan Kumham dan Satpol PP yang tentu harus tetap hadir secara fisik. 

    Sementara itu, konsep WFA sebenarnya datang dari praktik WFH yang diadopsi selama pandemi. Satya mengatakan praktik tersebut terbukti berjalan dengan baik dan berhasil. 

    Harapannya, WFA mampu memberikan fleksibilitas untuk para PNS serta meningkatkan efisiensi birokrasi di pemerintahan. 

    Kini, pemerintah diketahui tengah mengkaji lebih dalam mengenai aturan dan pelaksanaan kebijakan tersebut. Nantinya, akan ada pula penjelasan secara detail posisi apa saja yang diizinkan WFA dan tidak. 

    Sementara itu, walau kasus Covid-19 telah menurun, beberapa lembaga pemerintahan masih mengizinkan para pegawainya untuk melakukan WFH. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir kemacetan arus mudik lebaran dalam seminggu ini. 

    Editor Team

    COMMENT