Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 03 2021

    PON XX Papua Resmi Dibuka Jokowi, Edo Kondologit Menangis Nyanyikan “Aku Papua”

    Hai Kawula Muda, tangis Edo Kondologit pecah saat nyanyikan Aku Papua.

    Presiden Joko Widodo membuka PON XX Papua, Sabtu (2/10/2021). (INSTAGRAM/JOKOWI)

    Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah resmi dibuka di Stadion Utama Lukas Enembe, Jayapura pada Sabtu (2/10/2021), pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB.

    Upacara pembukaan dimeriahkan dengan tampilan para penari yang mengenakan pakaian adat Papua dan lambang burung khas Papua, cendrawasih.

    Penyanyi Edo Kondologit bersama dua penyanyi lain yang berdarah Papua yaitu Nowela dan Michael Jakarimilena tampil mengawali rangkaian acara Upacara Pembukaan PON XX 2021. Mereka membawakan lagu Aku Papua.

    Mengenakan pakaian adat Papua, Edo Kondologit mendendangkan Aku Papua  sambil menari dan memainkan tifa yang merupakan alat musik tabuh khas Papua.

    EDO KONDOLOGITPenyanyi asal Papua, Edo Kondologit. (INSTAGRAM/EDO KONDOLOGIT OFFICIAL)

    Tidak Kuasa menahan haru, tangis Edo pun pecah saat mendendangkan lagu Aku Papua yang diciptakan almarhum Franky Sahilatua empat tahun lalu.

    Lagu indah tersebut bercerita tentang kebanggaan menjadi orang Papua yang hidup di negeri berlimpah kekayaan alam.

    Artis Pengisi Acara

    Usai penampilan ketiga penyanyi, acara dilanjutkan dengan pawai kontingen dari 34 provinsi di Indonesia dan parade atlet yang dibuka oleh Kontingen Aceh.

    Kemudian acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan PON ini juga dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

    Sejumlah artis Tanah Air juga turut mengisi acara. Mereka di antaranya adalah Ruth Sahanaya, Tulus dan Papua Original Band bersama menyanyikan lagu Rumah Kita yang diciptakan Ian Antono.

    PON XX PAPUAPara pengisi acara Opening Ceremony PON XX Papua, Sabtu (2/10/2021). (INSTAGRAM/PON XX PAPUA)

    Lea Simanjuntak dan Joanita Wakum membawakan Indonesia Pusaka turut memeriahkan acara pembukaan. Tak ketinggalan, para seniman dan penyanyi asli Papua lokal juga ikut berpartisipasi.

    Untuk memandu acara dipercayakan pada Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuny dan Irsa Yoku.

    Prokes ketat

    Upacara pembukaan PON Papua digelar di bawah kawalan protokol kesehatan yang ketat. Presiden Joko Widodo hadir dan disambut meriah saat membuka pesta olahraga empat tahunan tersebut.

    Opening ceremony tidak dibuka untuk umum. Jumlah yang hadir hanya 25 persen dari 40.000 kapasitas Stadion Lukas Enembe.

    Pekan olahraga ini seharusnya digelar tahun lalu, tetapi terkendala oleh pandemi Covid-19. Selama pagelaran, total akan ada 36 pertandingan dengan 56 disiplin yang dilangsungkan. Total ada 6.422 atlet yang ikut serta untuk memperebutkan 766 medali.

    Pertandingan cabang olahraga PON XX 2021 Papua sudah dimulai sejak 27 September 2021, dan akan berakhir pada 15 Oktober 2021.

    Editor Team

    COMMENT