Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 04 2021

    Pulau Rinca Kebakaran, Total 50 Orang yang Berusaha Padamkan Api

    Kawula Muda, semoga bisa segera terungkap penyebabnya, ya!

    Kebakaran di Pulau Rinca setidaknya seluas 10 hektar. (TWITTER/KAWANBAIKKOMODO)

    Kawula Muda, kebakaran terjadi kembali di Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo pada Selasa (2/11/2021) pukul 15.25 WITA. Setidaknya ada 50 orang yang turut membantu memadamkan api.

    Melansir TEMPO.co, peristiwa itu terjadi di bagian ujung utara atau barat Pulau Rinca, tepatnya di sabana.

    "Ada 32 ranger yang diturunkan ke lokasi dan tadi pagi ada tambahan tujuh ranger lagi," tutur Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang pada Rabu (3/11/2021).

    Sementara itu, pada Rabu siang, terpantau api berhasil dipadamkan tanpa tersisa—dengan bantuan warga setempat. Komodo pun berada dalam kondisi aman.

    Pada kesempatan yang berbeda, Bupati Manggarai Barat Edi Endi menuturkan kepada detikcom, "Kurang lebih, (dalam) kasat mata ada 10 hektar yang terbakar."

    Informasi kebakaran tersebut pertama kali disampaikan oleh Rijal Mewar (Kepala Resort Gili Lawa) kepada Kepala Balai Taman Nasional Komodo.

    Penyebab kemunculan api pun belum ditemukan. Diperkirakan, kebakaran tersebut terjadi karena cuaca yang sangat panas dan kering.

    Bukan kali pertama kebakaran terjadi di Pulau Rinca dan Taman Nasional Komodo. Maka dari itu, Dirut Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, berharap akan adanya alokasi dana untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di masa yang akan datang.

    Semoga bukan karena ulah manusia, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT