Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Mar 06 2022

    Renggut Korban Jiwa, Ini Fakta-fakta Angin Kencang di Jabobetabek

    Selalu antisipasi ya, Kawula Muda!

    Angin Kencang (INSTAGRAM/jktinfo)

    Angin kencang melanda beberapa daerah di Jabodetabek pada Sabtu 05 Maret 2022. Kejadian alam tersebut juga memakan korban jiwa.

    Mulanya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk waspada hujan lebat dan angin kencang di Jabodetabek pada waktu siang hingga sore.

    Melalui akun Twitter BMKG @infoBMKG, pengumuman tersebut berbunyi, "Peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 5 Maret 2022 pukul 11.46 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 12.00 WIB," cuitnya pada Sabtu kemarin.

    Pohon tumbangPohon tumbang (INSTAGRAM/jktinfo)

     

    Fenomena tersebut menyebabkan rumah, pohon, baliho, hingga korban luka dan meninggal.
    Berikut fakta-fakta yang terjadi akibat angin kencang di Jabodetabek:

    1. Drivel Ojol di Bekasi Tewas

    Seorang pengemudi ojek online tewas akibat tertimpa rambu penunjuk jalan (RJP) di Jalan Juanda, Bulak Kapal, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, akibat angin kencang.
    Terdapat dua pengendara menjadi korban robohnya papan petunjuk jalan. Satu orang yang tertimpa di bagian kepala meninggal saat berada di Rumah Sakit Graha Juanda.
    "Ada dua korban, yang satu kakinya luka, yang satu yang ke rumah sakit itu meninggal. Dilihat oleh teman saya itu juga ada luka di kepala, ada benjol gitu," ucap Kepala Pos Dinas Perhubungan (Dishub) Bulak Kapal Deni Setiawan, seperti pada laman Detik.

    2. Kakek di Tangerang Tertimpa Pohon

    Seorang kakek berinisial K tertimpa pohon tumbang saat melintas di Jalan Parung Jaya, Karang Tengah, Tangerang dengan gerobak rongsokannya. Akibatnya, kakek berumur 60 tahun itu mengalami luka di bagian kepala, badan, dan kaki.

    Menurut warga sekitar, Adit, mengatakan pohon itu tumbang akibat angin kencang yang berembus siang tadi. Kakek K, yang sedang menarik gerobak, tertimpa pohon sekitar pukul 12.30 WIB.
    "Pas lagi gerimis disertai angin kencang, kemudian si bapak pengendara tukang rosokan mau jalan atau lewat, tiba-tiba pohon besar tumbang dan menimpa pengendara rongsokan itu," tuturnya.

    3. Atap Plafon di Mal Kemang Ambruk


    Mal di KemangAtap plafon Mal di Kemang runtuh (INSTAGRAM/jktinfo)

     

    Atap plafon sebuah mal di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ambruk. Peristiwa ini mengakibatkan sejumlah pengunjung terluka.

    "Telah terjadi insiden runtuhnya plafon atap mal yang mengarah ke arah atrium," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan Herbert P Lumban Gaol kepada wartawan, Sabtu kemarin.
    Peristiwa ini terjadi saat angin kencang yang melanda di beberapa lokasi di Jakarta.

    Para korban yang mengalami luka akibat terkena runtuhan dievakuasi ke rumah sakit.
    "Beberapa korban telah diamankan petugas, sementara untuk diberi pertolongan pertama ke RS Brawijaya dengan didampingi pihak manajemen," katanya.

    4. Beberapa Baliho dan Pohon Jatuh di Tangerang

    Sejumlah pohon dan papan baliho di pinggir jalan tumbang di wilayah Kota Tangerang, Banten.
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mencatat ada 9 titik lokasi pohon tumbang dan bangunan rubuh di berbagai wilayah.
    Sejumlah pohon tumbang tersebut berada di lima titik:
    1. Jl Veteran, Sukasari (Pos Polisi Tugu Adipura)
    2. Jl Veteran, Sukasari (SMK 2 Kota Tangerang)
    3. Jl Irigasi Sipon, Buaran Indah, Cipondoh
    4. Jl Parung Jaya, Karang Tengah

    Selain pohon tumbang, sejumlah bangunan dan billboard tumbang, di empat lokasi:
    1. Billboard Danau Cipondoh, Jl KH Hasyim Ashari
    2. Billboard Hypermart, Jl Ciledug Raya, Kreo, Larangan
    3. Atap Pasar Lembang, Jl Raden Fatah, Sudimara, Ciledug
    4. Atap Rumah Warga, Jl H. Em, Cikokol

    5. Pohon dan Tiang Listrik Patah di Bogor

    Di Kabupaten Bogor Jawa Barat juga terkena akibat angin kencang. Pohon tumbang dan tiang listrik patah terjadi di Kelurahan Karang Asem Barat, Citeureup.

    "Disebabkan angin kencang yang terjadi di wilayah tersebut, mengakibatkan sebuah pohon tumbang dan sebuah tiang listrik patah," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam, melalui keterangan tertulis, Sabtu 5 Maret 2022.

    Beberapa bangunan menjadi korban pohon tumbang dan tiang listrik patah. Di antaranya satu warung nasi dan satu pos pemuda mengalami rusak ringan.

    Editor Team

    COMMENT