Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 31 2022

    RIP Mikhail Gorbachev, Tokoh Penting Era Perang Dingin

    Kawula Muda, RIP Mikhail Gorbachev.

    Mantan Pemimpin Rusia, Mikhail Gorbachev. (TWITTER)


    Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev meninggal dunia di usia 91 tahun. Gorbachev adalah pemimpin Rusia (Uni Soviet) di era Perang Dingin.

    Menurut media Rusia, Mikhail Gorbachev yang pernah menjabat sebagai Presiden Uni Soviet pada 1985 hingga 1991, meninggal pada Selasa (30/8/2022) waktu setempat. Ia meninggal karena penyakit lama.

    Kabar kematian Gorbachev lantas disambut dengan kenangan atas perubahan-perubahan yang ia lakukan.

    “Mikhail Gorbachev adalah pemimpin yang terpercaya dan dihormati. Ia memainkan sebuah peran krusial untuk mengakhiri Perang Dingin dan menurunkan Tirai Besi. Hal tersebut membuka jalan bagi Eropa yang bebas. Ini satu warisan yang tidak akan kita lupakan,” ujar Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen melalui Twitter, dikutip Rabu (31/8/2022).

    Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan ucapan duka cita melalui juru bicaranya.

    “Vladimir Putin mengekspresikan rasa duka cita terdalamnya terhadap kematian Mikhail Gorbachev. Pada pagi hari, ia akan mengirimkan telegram dengan ucapan duka kepada saudara-saudara dan sahabat-sahabatnya,” ujar jubir pemerintah Dmitry Peskov kepada media pemerintah TASS.

    Sementara itu dilansir Reuters, Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999.

    Tokoh penting era Perang Dingin

    Reputasi Mikhail Gorbachev di dunia Barat cukup cemerlang karena ia berjasa mengakhiri Perang Dingin.

    Bersama Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan dan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher (The Iron Lady). Reagan dan Thatcher telah meninggal beberapa tahun yang lalu.

    Mikhail Gorbachev merupakan sekretaris jenderal dari Partai Komunis Soviet. Karier politiknya yang melesat pada usia muda membuatnya dianggap sebagai angin segar dari perpolitikan Soviet pada kancah global.

    Gorbachev pun kemudian dikenal mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah tetapi gagal mencegah runtuhnya Uni Soviet.

    Karena itulah, tak berlebihan jika ucapan duka datang terus dari para tokoh dunia juga selebritas dunia seperti Arnold Schwarzenegger dan kepergiannya menjadi trending di Twitter.

    Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut, Mikhail Gorbachev sebagai seorang tokoh teladan.

    “Di saat agresi Putin di Ukraina, komitmen (Gorbachev) yang tanpa lelah untuk membuka masyarakat Soviet masih sebuah teladan bagi kita semua,” ujar Boris Johnson.

    Tak ketinggalan, ucapan duka juga datang dari Sekjen PBB Antonio Guterres.

    Mikhail Gorbachev mendapatkan hadiah Novel Perdamaian pada 1990 berkata tindakannya yang berani untuk mengubah hubungan Barat dan Timur.

    Editor Team

    COMMENT