Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 06 2022

    Seharusnya Gratis, Mengapa Biaya Parkir Alfamart dan Indomaret Masih Bayar?

    Lo masih bayar parkir di minimarket gak, Kawula Muda?

    Ilustrasi parkir di depan Indomaret (UNSPLASH/ERY PRIHANANTO)


    Sudah berkali-kali minimarket seperti Alfamart dan Indomaret menegaskan bahwa mereka tidak memungut biaya parkir bagi pelanggan.

    Sebelumnya, isu terkait biaya parkir tersebut sempat kembali viral di media sosial karena adanya warganet yang memprotes biaya parkir sebesar Rp 15.000. Padahal, ia hanya membeli air mineral dengan harga Rp 5.000.

    IndomaretIlustrasi Indomaret (UNSPLASH/FAWWAZ ALI)

     

    Mengutip liputan Detik, media tersebut pun sempat mewawancarai seorang juru parkir di Alfamart kawasan Minangkabau. 

    Semenjak gerai tersebut berdiri, disebutkan Edi telah bekerja sebagai juru parkir di sana. Menurutnya, ketentuan parkir gratis disebut hanya berlaku untuk kurir pengantar barang. 

    Walau begitu, Edi menegaskan tidak mematok tarif tetap dan tidak mewajibkan pembayaran parkir. Karena itu, ia mengklaim tidak adanya protes dari pengunjung terkait biaya parkir tersebut. 

    Akan tetapi, respons tersebut berbeda dengan apa yang didapat tim reporter dari salah satu pengunjung asal Tangerang.

    “Gak banget, apalagi mereka yang ada tulisannya tuh parkir gratis tapi tetap dimintain,” tutur Flora Damayanti, salah satu pengunjung yang mengaku terbebani dengan ‘pemungutan’ uang parkir di depan gerai minimarket. 

    Flora pun menjelaskan bahwa kini minimarket tidak hanya sekadar tempat membeli barang saja, melainkan juga untuk mengambil uang cash. Hal tersebut pun didukung dengan semakin menyebarnya alat ATM di berbagai minimarket. 

    “Atau gak kita cuma mau ambil uang dan gak megang cash. Jadi kita harus mecahin dan jajan dulu di Indomaret,” tambahnya.

    Minimarket di daerah lo masih ada tukang parkir liarnya, Kawula Muda? 

    Editor Team

    COMMENT